Pemkab Simalungun-Penyelenggara Pilkada Gelar Pertemuan Tertutup

Simalungun, Pelanginews

Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengadakan pertemuan dengan KPU dan Panwaslih setempat di ruang rapat sekretariat kantor bupati di Pamatang Raya, Rabu.

Pertemuan yang dipimpin Penjabat Bupati Binsar Situmorang itu dihadiri Sekretaris Daerah Gidion Purba, dua anggota KPU dan dua anggota Panwaslih yang dilakukan secara tertutup.

"Maaf, pertemuan ini intern," kata Kabag Humas Pemkab Simalungun Tagon Sihotang sambil mempersilahkan yang lainnya keluar dari ruang rapat.

Usai pertemuan, Pj Bupati menolak memberikan penjelasan dan mendelegasikan kepada Sekretaris Daerah Simalungun Gidion Purban dengan alasan masih banyak tugas.

Gidion mengatakan, isi pertemuan tersebut untuk mengevaluasi kinerja KPU pada pilkada yang gagal dilaksanakan dan persiapan untuk menyelenggarakan pilkada susulan.

"Tidak ada yang rahasia, hanya evaluasi dan penguatan koordinasi yang lemah dari penyelenggara," kata Gidion.

Anggota Komisi Informasi Publik Sumut HM Syahyan mengkritisi pertemuan secara tertutup itu karena menghalangi masyarakat untuk mendapatkan informasi.

Sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, badan publik diwajibkan untuk terbuka kepada masyarakat, terlebih dalam membuat kebijakan publik.

"Mulai dari perencanaan sampai pada kebijakan, rapat atau pertemuan harus dilakukan secara terbuka," ujar Syahyan (ant/lm)