12 Pompa Dikerahkan Sedot Genangan Kampung Pulo

Jakarta, Pelanginews

Sebanyak 12 pompa mobile milik Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dikerahkan untuk menyedot air yang menggenangi pemukiman warga Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Belasan pompa dengan kapasitas 80 liter per detik tersebut diangkut menggunakan enam unit truk dan diparkir memanjang di jalan inspeksi Kali Ciliwung yang berbatasan dengan pemukiman warga RW 03 Kampung Pulo.

Dadang (45), salah satu petugas operator pompa mobile mengatakan, ke-12 pompa ini dioperasikan sejak pukul 10.00. Hingga pukul 18.00, pompa tersebut masih masih dioperasikan untuk menyedot air genangan di RW 03.

"Kendalanya ya karena banyak sampah. Jadi kami harus membersihkan sampah di genangan yang akan dipompa. Jika tidak dibersihkan, sampah akan masuk ke baling baling dan bisa membuat pompa rusak," katanya, Rabu (3/2).

Ia menjelaskan, pompa mobile yang dikerahkan ke kawasan Kampung Pulo ini dioperasikan sembilan operator dari BBWSCC secara bergilir. Masing-masing petugas operator pompa tersebut juga dibagi tugas membersihkan baling-baling, menyaring sampah, menggeser pipa buangan air hingga memindahkan truk pengangkut pompa. (bj/lm)