Diego Costa Kembali Bergabung Dengan Atletico Madrid

Diego Costa


Madrid, Pelanginews  

Kepergian buruk Diego Costa dari Chelsea terlihat mencapai fase akhir pada Kamis, di mana klub Liga Inggris itu mengatakan mereka telah setuju untuk menjual kembali penyerang Spanyol itu ke Atletico Madrid.

Costa, sosok kunci saat Chelsea meraih dua gelar dalam tiga musim terakhir, belum pernah tampil untuk klub London itu sejak kekalahan dari Arsenal di final Piala FA pada Mei.

"Chelsea Football Club pada hari ini telah menyetujui detail-detail dengan Atletico Madrid untuk transfer Diego Costa," demikian bunyi pernyataan klub.

"Transfer kini tinggal menunggu kesepakatan detail-detail pribadi dan pemeriksaan medis."

Menurut surat kabar Spanyol El Mundo, Atletico akan membayar 55 juta euro untuk Costa, membuat ia menjadi pemain termahal mereka, melampaui transfer sebesar 40 juta euro yang mereka bayarkan ke Porto untuk mendapatkan Radamel Falcao pada 2011.

Penyerang 28 tahun kelahiran Brazil itu bergabung dengan Chelsea pada 2014 dan telah mengoleksi 52 gol dari 89 penampilan liga.

Costa menjadi pemain tersubur Chelsea pada masing-masing dari tiga musimnya di London, namun meski kontribusinya di lapangan begitu besar, ia tidak selalu menjalani hubungan harmonis di Stamford Bridge.

Pada musim keduanya, ia tiba-tiba kehilangan kemampuan terbaiknya yang berkontribusi besar pada start buruk tim di musim itu yang berakhir dengan pemecatan manajer Jose Mourinho.

Setelah memenangi medali juara Liga Inggris kedua pada musim lalu, ia menjelaskan harapannya untuk kembali bergabung ke Atletico pada musim panas setelah mengklaim bahwa manajer Chelsea Antonio Conte mengatakan kepadanya melalui pesan teks bahwa sang pemain tidak lagi dibutuhkan di klub.

Bukannya kembali ke London untuk menjalani latihan pramusim, ia memilih bertahan di Brazil, menuding Chelsea memperlakukannya "seperti kriminal" dan meminta biaya transfer yang tidak realistis.

Masalah-masalah semakin memuncak pada awal tahun ketika Costa ditinggalkan tim Chelsea untuk pertandingan di markas Leicester City, setelah terdapat laporan bahwa ia berselisih dengan pelatih kebugaran di lapangan latihan.

Saat itu Costa terlihat berada di ambang untuk pindah ke klub China Tianjian Quanjian. Bagaimanapun, ia kembali ke tim pertama dan mengakhiri musim dengan 20 gol di Liga Inggris ketika Chelsea mengangkat trofi juara.

Pada bursa transfer musim panas, Chelsea mendatangkan pengganti alami dalam diri Alvaro Morata dari Real Madrid.

Costa masih akan harus menunggu untuk dapat mengenakan kaus merah-putih Atletico, sebab bursa transfer Eropa telah ditutup dan Atletico dilarang mendaftarkan pemain-pemain baru sampai 2018 setelah mereka melanggar peraturan-peraturan FIFA.

Ia akan dapat dimainkan pada 2 Januari ketika bursa transfer Spanyol dibuka dan skors Atletico telah berakhir.

Costa pertama kali bergabung ke Atletico pada 2006 dan menyusul serangkaian masa peminjaman ia mengukuhkan diri sebagai bagian kunci dari skuad Diego Simeone yang mampu menjadi juara pada 2013/2014, sebelum kemudian pindah ke Chelsea dengan kesepakatan senilai 32 juta pound.

Atletico berada di grup Liga Champions yang sama dengan Chelsea, namun kedua pertarungan mereka akan terjadi sebelum Costa dapat didaftarkan untuk meneruskan kariernya bersama klub Spanyol itu, demikian Reuters. (ant/amb)