Itjen Kemendikbud Telusuri Beredarnya Kunci Jawaban UN

Medan, Pelanginews

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih telusuri beredarnya kunci jawaban Ujian Nasional (UN) tahun 2015 di SMP Negeri I Medan.

“Inspektorat Kemendikbud telah menangani permasalahan itu, dan kebetulan mereka sedang berada di Medan,” kata Koordinator UN Sumut, Agust Sinaga saat dihubungi, Rabu,
Itjen Kemendikbud itu adalah Herry Priyono, Tio Damanik, dan Supratini.

Agust mengatakan, temuan Tim Ombudsman Perwakilan Sumut mengenai kertas diduga kunci jawaban UN, belum bisa dipastikan kebenarannya.

Bahkan, temuan itu telah dipertanyakan ke sekolah tersebut.

“Jadi, kebenaran dugaan beredarnya kunci jawaban itu, belum dapat dipastikan,” katanya.

Dia menyebutkan biarkanlah Tim Ombudsman bekerja sesuai dengan tugas mereka, namun pelaksanaan UN di wilayah Sumut sampai saat ini berjalan aman, tertib dan lancar.

“Tim pengawas dari Dinas Pendidikan Sumut yang berjumlah 30.804 orang tetap bertugas dengan baik, serta tidak ada laporan permasalahan dari mereka,” kata Koordinator UN Sumut.

Sebelumnya, Tim Ombudsman Perwakilan Sumut meninjau pelaksanaan UN tahun 2015 di SMP Negeri 1 Medan, Senin (4/5), dan petugas menemukan kertas diduga berisi kunci jawaban.

“Kunci jawaban tersebut dibawa seorang siswa, saat UN berlangsung,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut Abyadi Siregar di kantornya di Medan.

Kemudian, menurut dia, Tim Ombudsman tersebut minta pengawas untuk menyita kertas diduga berisi kunci jawaban berada di tangan siswa yang tidak jujur itu.

Abyadi mengatakan, kertas tersebut, diduga merupakan kunci jawaban soal UN mulai dari nomor 1 hingga 50.

Data yang diperoleh di Disdik Sumut, jumlah peserta UN Sumut, tercatat sebanyak 272.198 siswa dan 3.420 sekolah SMP yang berada di daerah tersebut.

Dari jumlah 272.198 siswa itu, terdiri dari jenjang SMP diikuti 210.655 siswa, SMP Terbuka 1.093 siswa, SMPLB 77 siswa, paket B/Wustha 3.063 orang, dan MTs sebanyak 57.310 siswa.

Kegiatan UN tersebut dilaksanakan secara serentak di tanah air, yakni mulai 4-7 Mei 2015.(ant)