Prof Syawal Gultom Terpilih Jadi Rektor Unimed

Medan, Pelanginews

Berkas hasil pemilihan Rektor Universitas Negeri Medan untuk periode 2015-2019 yang dimenangkan Prof Syawal Gultom telah dikirimkan ke Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Humas Universitas Negeri Medan (Unimed) Muhammad Surif yang dihubungi di Medan, Minggu, mengatakan, berkas tersebut telah dikirim pada 20 April 2015 sehingga pihaknya masih menunggu jadwal pelantikan yang ditetapkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir.

Pihak Unimed masih belum mengetahui jadwal pelantikan rektor tersebut meski memiliki perkiraaan akan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2015.

“Kita tunggu saja arahan mengenai waktu pelantikan tersebut,” ujar Surip.

Ia menyebutkan, Prof Syawal Gultom terpilih menjadi rektor dengan perolehan 51 suara, mengalahkan dua pesaingnya yakni Prof Selamet Triono (47 suara) dan calon petahana Prof Ibnu Hajar Damanik (19 suara).

Ia menegaskan bahwa proses pemilihan rektor tersebut berjalan dengan baik, lancar, demokratis, dan berlangsung dengan penuh nuansa kekeluargaan.

“Jumlah suara yang diperebutkan ketiga calon, yaitu 117 suara, masing-masing 76 suara dari anggota senat dan 41 sisanya berasal dari kementerian,” katanya.

Sebelumnya, pada tahap penyaringan calon rektor di tingkat senat pada 13 Maret 2015, Syawal Gultom meraih 41 suara mengungguli calon lainnya yakni Selamet Triono (15 suara), Ibnu Hajar 12 suara, dan Abdul Hamid (7 suara).

Seluruh proses yang dijalankan itu mengikuti aturan dalam Permen Ristekdikti Nomor 1 Tahun 2015 yang mengharuskan adanya tahap penjaringan bakal calon, tahap penyaringan, tahap pemilihan calon, dan tahap pengangkatan.

Menurut catatan, Prof Syawal Gultom yang kelahiran Tapanuli Utara pada 3 Februari 1962 merupakan Guru Besar Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unimed.

Ia pernah mengajar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada 1986-1996, staf ahli Pembantu Rektor I IKIP Medan periode 1993-1998, dan Rektor Unimed 2007-2011.

Prof Syawal Gultom pernah dipercaya menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud pada Maret 2011 hingga sekarang. (ant/lm)