Jumlah Penumpang Di Pelabuhan Merak Menurun

Merak, Pelanginews

PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak pada dua hari sebelum Lebaran, kemarin Rabu, telah menyeberangkan 63.737 penumpang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Yusuf, petugas pendataan di pos angkutan mudik Pelabuhan Merak, Kamis, mengatakan, jumlah penumpang itu turun dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 124.808 penumpang.

H-4 dan H-3 memang  puncak mudik di jalur mudik antarpulau ini, dan saat ini kondisi Pelabuhan Merak kembali normal karena sudah tidak terlihat lagi lonjakan pemudik.

"Kami memprediksi pemudik terus menurun sampai Hari Raya Idul Fitri," kata Yusuf.

Dari 63.737 orang itu,  penumpang pejalan kaki ada 10.553 orang, dan penumpang di atas kendaraan 53.184 orang. Sedangkan, jumlah kendaraan tercatat 12.683 unit terdiri dari 5.797 unit roda dua, 6.293 unit roda empat, 422 unit bus, 171 unit truk dan kendaraan di atas empat roda 6.886 unit.

Saat ini, pemudik yang menggunakan kendaraan mulai menurun dibandingkan malam tadi. "Kami yakin saat ini Pelabuhan Merak kembali normal karena semua pemudik sudah diseberangkan," katanya.

"Kami memprediksikan puncak penumpang jatuh H-3 dan kini Pelabuhan Merak kembali normal," kata Humas PT ASDP Merak Mario Sardadi Oetomo.(ant/lm)