Pilkada DKI, Teman Ahok Targetkan Verifikasi KTP Selesai Mei

Jakarta, Pelanginews

Komunitas Teman Ahok menargetkan verifikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) para pendukung Basuki Tjahaja Purnama selesai akhir Mei nanti.

"Verifikasi selesai akhir Mei karena pendaftaran (calon gubernur) Agustus," kata salah satu pendiri Teman Ahok Singgih Widyastomo di markas mereka di Jakarta, Sabtu.

Sejak mengumpulkan KTP dukungan kepada Ahok untuk maju ke bursa pemilihan kepala daerah melalui jalur independen Juni lalu sampai hari ini, komunitas ini telah mengumpulkan 784.977 KTP.

Seluruh KTP yang mereka kumpulkan kini sedang diverifikasi untuk memastikan keabsahan data yang diberikan pendukungnya.

Verifikasi mulai dilakukan sejak Ahok mengumumkan calon wakil gubernur Heru Budi Hartono.

Mereka melakukan verifikasi dengan mendatangi tempat tinggal para pendukung, seperti tertera pada KTP dan bertanya apakah setuju dengan nama wakil yang digandeng Ahok.

Bila tidak setuju, Singgih mengatakan, mereka dapat menarik dukungan.

Teman Ahok juga telah mengubah format formulir yang harus diisi para pendukung sehingga dapat langsung terverifikasi.

Hingga saat ini, baru sekitar 15-20 ribu KTP yang telah mereka verifikasi.

Teman Ahok, seperti yang dikutip dari lama resmi mereka, adalah perkumpulan yang dirikan oleh sekelompok anak muda yang bertujuan membantu dan "menemani" Ahok, sapaan Basuki, dalam mewujudkan Jakarta Baru yang bersih, maju dan manusiawi.

Komunitas ini digagas oleh Singgih dan beserta empat orang temannya Amalia Ayuningtyas, Aditya Prabowo, Richard Purwasaputra dan Muhammad Fathony. Semuanya berusia di bawah 25 tahun.

Relawan terdaftar yang kini berjumlah 300 orang menargetkan 1 juta KTP hingga Mei nanti. (ant/amb)