Anggaran Besar, Legislator Kebonsirih Minta Pemprov DKI Rawat TPU

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Beredar di media sosial kondisi memprihatinkan Taman Pemakaman Umum (TPU) Prumpung, Jakarta Timur. Dalam video diperlihatkan sejumlah makam dijadikan warga setempat sebagai kandang ternak hingga tempat menjemur pakaian.

Bacaan Lainnya

Video ini diunggah oleh akun instagram @lensa_berita_jakarta. Warganet dalam video itu mengeluhkan makam keluarganya yang disalahgunakan.

Terlihat dalam video memang sejumlah makam di pagar dengan kayu hingga keseluruhan makam tertutup. Beberapa pakaian juga terlihat dijemur di pinggiran makam.

“Hai guys, sedih gak guys kalau kuburan bapak lu, orang tua lu terus dipakai buat jemur guys. Buat kandang semua tuh. Noh gimana nih dinasnya nih. Tolong dong benerin nih,” ujar pria dalam video itu, dikutip Rabu (14/6/2023).

Menanggapi kondisi ini, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian menyesalkan kinerja Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI selaku pemilik TPU tersebut. Ia menyebut Distamhut tak serius mengurus aset yang dimiliki.

“Nampak ketidakbecusan dinas dalam mengelola asetnya sendiri. Banyak aset diabaikan, tidak terkelola dengan baik dan justru Dinas sibuk sendiri belanja lahan baru dengan jumlah anggaran yang besar,” ucapnya.

Padahal, kata Justin, Distamhut dalam beberapa tahun terakhir sempat meminta dana untuk pembukaan makam baru. Namun yang terjadi, TPU yang ada malah tak terurus.

“Ratusan miliar digelontorkan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk membeli lahan baru, mereka mnghamburkan uang dan memilih cara tersebut dibanding mengelola aset tanah yang sudah ada ini,” ucap Justin.

Dia pun meyakini ada pembiaran yang dilakukan oleh petugas setempat.

“Saya yakin dinas tersebut tahu dari awal. Ada petugas TPU, unit pengelolanya juga ada, tentu pendudukan ini tidak terjadi tiba-tiba tanpa sepengetahuan mereka, bahkan jangan-jangan memang disewakan oleh oknum” pungkasnya.

Karena itu, ia berharap kedepannya Distamhut bisa melakukan tindakan pencegahan agar pelanggaran seperti ini tak terjadi lagi kedepannya.

“Apabila dinas profesional dalam pengelolaan aset, maka kasus seperti ini mestinya tidak akan terulang lagi,” pungkas Justin.

Kekinian, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur dikabarkan telah membereskan kandang dan jemuran yang ada di makam tersebut. (dm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *