Ditekuk Spanyol 2-1, Jerman Tersingkir Dramatis di Euro 2024

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Timnas Spanyol secara dramatis melaju ke semifinal Piala Eropa (Euro) 2024 setelah menyingkirkan tuan rumah Jerman dengan skor 2-1 dalam pertandingan perempat final di Mercedes-Benz Arena yang berakhir pada Sabtu dini hari WIB.

Bacaan Lainnya

Disebut oleh banyak pihak sebagai pertemuan dua tim terkuat di kompetisi ini, perempat final pertama turnamen ini dimulai dengan tempo yang sangat cepat. Pedri menyengat telapak tangan Manuel Neuer dengan tendangan rendahnya di menit awal, tetapi digantikan oleh Dani Olmo beberapa menit kemudian setelah mengalami cedera.

Lamine Yamal melepaskan tendangan bebas rendah yang melebar dari tiang kiri Neuer dan Olmo melepaskan tendangan kaki kiri yang melambung di atas mistar gawang saat Spanyol berusaha menguasai permainan, sebelum Kai Havertz menyundul umpan silang Joshua Kimmich tepat ke arah Unai Simón dalam peluang pertama Jerman yang jelas dalam pertandingan tersebut. Nico Williams yang lincah kemudian mencoba tendangan jarak dekat yang ditepis Neuer, yang juga menepis tendangan rendah Olmo untuk menyamakan kedudukan sebelum jeda.

Álvaro Morata hampir membuka skor beberapa saat setelah babak kedua dimulai ketika ia berputar melewati Antonio Rüdiger dan melesat di atas mistar gawang, tetapi kebuntuan itu pecah enam menit memasuki babak kedua ketika Olmo mengarahkan tembakan mendatar first-time melewati Neuer dari umpan Yamal. Gol itu mendorong pelatih Jerman Julian Nagelsmann untuk memasukkan striker Niclas Füllkrug, yang menyundul bola ke atas mistar gawang tidak lama setelah memasuki lapangan.

Dani Carvajal menggagalkan upaya Florian Wirtz dengan blok geser yang luar biasa saat anak asuh Nagelsmann mengabaikan kewaspadaan di babak akhir waktu normal. Füllkrug kemudian melepaskan umpan rendah Wirtz yang membentur tiang gawang dan umpan lambung Havertz melambung tipis di atas gawang Unai Simón, tetapi tekanan Jerman di akhir pertandingan akhirnya membuahkan hasil ketika Wirtz melepaskan tembakan rendah ke tiang jauh untuk memaksa perpanjangan waktu.

Babak pertama perpanjangan waktu berlangsung dengan sangat alot. Kedua tim hampir saja unggul, tendangan jarak jauh Mikel Oyarzabal melebar sebelum Wirtz nyaris mengenai sasaran di sisi lain. Unai Simón mampu menahan sundulan Füllkrug yang tepat sasaran, tetapi Merino memastikan kemenangan ini dengan sundulan kerasnya sendiri dari umpan tengah Olmo, sementara La Roja bertahan meskipun Carvajal mendapat kartu merah di menit-menit akhir.

Di semifinal, Spanyol akan menghadapi Prancis yang mengalahkan Portugal melalui adu penalti.

Kemenangan 2-1 menjadi kali ketujuh dari sembilan kesempatan Spanyol memenangkan laga di babak extra time sepanjang sejarah turnamen.

Pelatih timnas Jerman, Julian Nagelsmann, mengakui hasil melawan Spanyol menjadi kekalahan menyakitkan bagi timnya.

TImnas Jerman, menjaga asa lolos ke semifinal setelah Florian Wirtz menyamakan skor pada menit ke-89.  Mereka sebelumnya kemasukan gol pada menit ke-51 lewat aksi Dani Olmo. Namun, harapan Jerman pupus usai Mikel Merino memastikan kemenangan Spanyol pada menit ke-119.

Julian Nagelsmann mengatakan, timnya tak mampu memaksimal peluang hingga akhirnya kebobolan pada menit akhir pertandingan.  (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *