Tips Memilih Sabun Cuci Wajah Untuk Kulit Berminyak

Sabun Cuci Wajah Untuk Kulit Berminyak
Sabun Cuci Wajah Untuk Kulit Berminyak
Primaderma Skincare

Sabun Cuci Wajah Untuk Kulit Berminyak – Tampilan wajah terlihat mengkilap, pori-pori tampak besar, wajah terasa lembab dan mudah berjerawat? Jika kamu mengalami ciri-ciri berikut ini, dapat diartikan kamu memiliki tipe kulit berminyak. Sebenarnya kulit berminyak itu apa sih? Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Sebum ini sebenarnya memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, Tujuannya adalah sebagai perlindungan terluar terhadap radikal bebas dari luar serta membantu kulit agar tetap lembab dan sehat. Namun pada tipe kulit berminyak, sebum yang dikeluarkan terlalu banyak, dan tidak jarang hal ini menjadi salah satu penyebab permasalahan kulit baru, seperti komedo dan jerawat.

Rajin membersihkan wajah dengan sabun wajah merupakan salah satu alternatif untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan juga sehat. Namun kandungan pada sabun wajah yang digunakan tentunya disesuaikan dengan kondisi kulit dan permasalahan kulit. Alfacid AHA BHA Pore merupakan salah satu pilihan yang tepat digunakan sebagai rangkaian skincare harian. Sabun wajah yang ringan, membersihkan secara optimal, tanpa rasa kering ketarik di wajah.

BAGAIMANA TIPE KULIT BERMINYAK INI MENJADI SALAH SATU PENYEBAB JERAWAT DAN KOMEDO?

Tipe kulit berminyak mengeluarkan dan memproduksi sebum terlalu banyak, sehingga berefek wajah akan terlihat mengkilap, berminyak dan sedikit kusam. Sebum yang dikeluarkan terlalu banyak ini, mengakibatkan kotoran dari luar lebih mudah untuk menempel pada kulit wajah. Selain itu, sisa-sisa sel kulit mati yang seharusnya luruh dan terangkat, malah menyumbat pori-pori. Nah penyumbatan inilah yang akhirnya memicu timbulnya komedo dan jerawat.

TIPS MERAWAT KULIT BERMINYAK?

Berikut beberapa tips perawatan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, simak baik-baik ya

  • Pastikan kamu mencuci wajah secara teratur

Menjaga kebersihan wajah merupakan langkah penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Kotoran dan minyak yang menumpuk merupakan salah satu penyebab timbulnya permasalahan kulit seperti jerawat. Usai beraktivitas, pastikan lakukan pembersihan kulit wajah secara maksimal, bila perlu lakukan double cleansing agar wajah bersih maksimal dan terhindar dari kuman dan bakteri.

Kamu juga perlu memilih produk face wash yang tepat untuk kulitmu, terutama untuk kulit berminyak, karena tahapan mencuci wajah merupakan tahapan yang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah, sudah seharusnya step ini juga dimaksimalkan menggunakan produk perawatan yang tepat. Kamu bisa melakukan tahapan ini 2x sehri, setiap pagi dan setiap malam selesai beraktivitas.

  • Gunakan produk perawatan kulit yang tepat yang difokuskan untuk kulit berminyak

Beberapa produk perawatan kulit seperti face wash, moisturizer, sunscreen (tabir surya) serum, dll, pastikan memilih produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Kamu bisa memilih produk dengan label “Oil-Free”, “Non-Comedogenic” atau “Non-Acnegenic” karena dipastikan produk dengan label tersebut merupakan produk yang tidak menyumbat pori dan memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga tidak terasa berat di kulit.

Pilih juga produk kosmetik berlabel oil free (bebas minyak) atau water based (berbahan air) serta hindari produk yang berbahan keras, alkohol, atau fragrance bila kulit kamu juga sensitif.

  • Pastikan tetap menggunakan pelembab/ Moisturizer

Menggunakan pelembab, tidak hanya diperlukan untuk tipe kulit kering atau normal saja bahkan tipe kulit yang berminyak sebenarnya juga membutuhkan pelembab atau moisturizer untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat. Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab wajah agar tetap terhidrasi dan  terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Sebagai tips, kamu bisa memilih pelembab dengan label Oil-Free, karena produk dengan label tersebut, tidak menyumbat pori-pori terlalu banyak atau bahkan tidak menyumbat pori-pori sama sekali, sehingga bisa menghindarkan kulit wajah dari timbulnya komedo dan jerawat.

  • Step paling penting, tetap gunakan sunscreen/tabir surya ya

Sunscreen merupakan tahapan terpenting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Bahkan sunscreen termasuk kedalam basic skincare setelah pelembab dan facial wash. Sebagai tips untuk menghindari kulit semakin berminyak, kamu bisa pilih tabir surya berbentuk gel, dan berlabel oil free, serta mengandung zinc oxide atau titanium oxide.

TIPS MEMILIH SABUN CUCI WAJAH UNTUK KULIT BERMINYAK?

Seperti yang telah kita ketahui, mencuci wajah  merupakan salah satu basic skincare yang wajib untuk dan rutin dilakukan, Dari berbagai jenis facial wash, kamu bisa memilih facial wash yang dikhususkan atau baik untuk kulit wajah yang berminyak. Selain membersihkan kulit dari kotoran yang menempel, pastikan sabun wajah kamu juga mengandung bahan aktif yang baik untuk eksfoliasi kulit, karena sel kulit mati yang menumpuk tidak dapat dibersihkan dengan hanya menggunakan sabun wajah biasa.

Berikut tips yang dapat kamu gunakan ketika memilih sabun wajah untuk kulit berminyak:

  1. Pilih sabun wajah yang juga mengandung bahan aktif untuk eksfoliasi

Penyebab kulit berjerawat selain dari penumpukan kotoran, juga disebabkan oleh sel kulit mati yang menempel dan menumpuk di kulit. Biasanya kulit akan meregenerasi secara alami, namun pada kondisi tertentu, sisa sel kulit mati yang telah berganti tidak dapat luruh dan terbuang dengan sendirinya, malah menumpuk di pori-pori kulit, hal inilah yang menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.

Sel kulit mati yang menumpuk selain menyumbat pori, juga menyebabkan tampilan kulit wajah menjadi kusam. Sehingga eksfoliasi kulit juga diperlukan untuk mendapatkan tampilan kulit wajah yang lebih cerah

  1. Perhatikan kandungannya

Dalam memilih sabun wajah yang tepat, Ada beberapa kandungan yang perlu kamu hindari, seperti minyak mineral, petroleum, dan petrolatum yang berpotensi mengiritasi kulit, selain itu kandungan-kandungan tersebut juga berpotensi menyumbat pori-pori.

Kamu juga perlu menghindari bahan-bahan yang memicu kulit menjadi kering dan terasa ketarik, karena sabun jenis ini menyerap terlalu banyak minyak. Sebaiknya kamu memilih sabun wajah yang tidak mengandung bahan kimia yang keras. Misalkan, tambahan pewangi atau pelembut untuk sabun cuci muka. Bahan kimia tersebut dapat mengiritasi dan membuat kulit kering.

Salah penggunaan sabun cuci muka, atau sabun muka dengan kandungan bahan yang menyerap minyak terlalu banyak, justru dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah karena setelah kulit mengering, tubuh akan merespons dengan memproduksi lebih banyak minyak, sehingga kulit wajahmu akan lebih berminyak. Sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang  mengandung alkohol bisa membuat kulit kering dan iritasi.

  1. Jenis sabun yang lembut dan berbusa

Saat dipompa ke telapak tangan, sabun jenis foaming akan menghasilkan busa melimpah. Dengan busa tersebut, kotoran dan minyak yang tersembunyi di pori-pori dapat ikut terangkat. Ada beberapa jenis sabun cuci muka, yaitu gel, milky, dan foam. Sabun cuci muka untuk kulit berminyak sebaiknya yang memiliki tekstur foamy atau berbusa. Buih-buih sabun akan mengangkat minyak secara lebih maksimal, apalagi jika menggunakan air hangat.

MENGAPA TIDAK DISARANKAN UNTUK MENGGUNAKAN SABUN CUCI WAJAH SELAIN YANG DIFOKUSKAN UNTUK KULIT BERMINYAK?

Kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, perlu memfokuskan perawatan kulitnya untuk kulit berminyak, tujuannya, supaya kandungan yang ada pada produk perawatan kulit tersebut dapat mengurangi minyak diwajah sehingga membantu menyerap dan membersihkan wajah secara maksimal sehingga wajah dapat terhindarkan dari permasalahan kulit seperti jerawat.

Menggunakan facial wash yang tidak di fokuskan untuk kulit berminyak, dapat berisiko mengiritasi kulit atau bahkan kurang bekerja secara maksimal menyerap kotoran dan menyerap minyak.

REKOMENDASI PRODUK ?

Salah satu step penting dalam rangkaian perawatan wajah adalah mencuci wajah, tentunya step ini perlu dimaksimalkan dengan pemilihan produk yang tepat. Kandungan bahan aktif yang tepat dapat membantu kulit untuk bersih dan sehat maksimal, serta menjadi cerah.

Untuk rekomendasi produk, kamu bisa gunakan Alfacid Face Wash

https://unitedfarmaticindonesia.com/product/alfacid-face-wash-100-ml/

Alfacid Face Wash merupakan cleanser dengan jenis sabun wajah, dengan kandungan AHA yang mampu mengangkat sel kulit mati dengan maksimal, menyerap minyak, namun kulit tidak terasa kering karena adanya kandungan pelembab didalam produk.

Kandungan AHA, berguna untuk mengurangi kelebihan minyak, mencegah penyumbatan pori-pori, dan menjaga kelembutan kulit. Selain itu kandungan AHA ini dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga terhindar dari sumbatan dan tentunya membuat wajah tampak lebih cerah

Kandungan Sodium PCA, merupakan moisturizer yang menjaga kulit agar tetap lembab dan terhindar dari kulit kering. Kulit yang kering dapat memicu kulit untuk memproduksi sebum lebih banyak lagi dan menjadikan kulit semakin berminyak. Kelembaban kulit perlu terjaga bahkan setelah mencuci muka

Alfacid Face Wash, diformulasikan dengan kandungan AHA dan Sodium PCA tidak hanya mengangkat kotoran, menyerap minyak, dan menghindarkan kulit dari sumbatan, namun juga menjadikan kulit lebih lembab, sehingga minim menimbulkan iritasi juga. Wajah tetap lembab, bersih, dan juga pastinya cerah.

Primaderma Skincare

Related posts

Primaderma Skincare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *