Iran Mulai Perang Multi-front Melawan Israel

Tentara Israel di dekat perbatasan dengan Lebanon, di Israel utara, 7 April 2023 (kredit foto: AYAL MARGOLIN/FLASH90)
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Seminggu serangan terhadap Israel, termasuk roket yang ditembakkan dari Lebanon, Gaza, dan Suriah , merupakan manifestasi dari strategi Iran untuk menghadapi Israel dengan berbagai ancaman di berbagai front.

Dikutip dari Jerusalem Post, meskipun berbagai kelompok mungkin berada di balik serangan di Gaza, Lebanon, dan Suriah, kelompok-kelompok ini kemungkinan besar semuanya terkait dengan Iran. Kelompok-kelompok yang terlibat termasuk Hamas, Hizbullah, Jihad Islam Palestina dan kelompok lain yang mungkin menggunakan nama berbeda atau baru, tetapi merupakan proksi dari Teheran.

Iran telah lama berusaha membawa konfliknya dengan Israel ke perbatasan Israel. Dukungannya terhadap Hizbullah dan Hamas adalah kunci strategi itu selama beberapa dekade. Misalnya, Iran memasok Hamas dengan dukungan keuangan dan juga membantunya mengembangkan persenjataan roket yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih jauh untuk roketnya. Dulu roket Hamas hanya bisa menempuh jarak beberapa kilometer, sekarang bisa menjangkau sebagian besar wilayah Israel.

Iran juga mendukung Jihad Islam Palestina, yang bahkan lebih merupakan wakil Iran daripada Hamas. Kelompok itu tidak hanya memiliki persenjataan roket yang diperkirakan mencakup ribuan roket, tetapi juga memiliki orang-orang bersenjata di Tepi Barat dan kepemimpinannya sering berada di Damaskus.

Sementara Hamas sebagian besar telah terkurung di Gaza sejak penarikan Israel dari Gaza dan kemenangan Hamas dalam pemilu Palestina, sekarang tampaknya semakin mampu beroperasi dari Lebanon. Operasi Hamas di Lebanon datang dengan persetujuan Hizbullah. Fakta bahwa pemimpin Hamas Ismael Haniyeh terbang ke Lebanon pada 5 April, sehari sebelum 34 roket ditembakkan ke Israel dari Lebanon, menunjukkan bagaimana Hamas meningkatkan kehadirannya. Hamas tidak dapat menembakkan roket atau beroperasi dari Lebanon selatan tanpa koordinasi dengan Hizbullah. Roket yang ditembakkan ke Israel pada 6 April ditembakkan di siang hari bolong di dekat Tirus. Ini adalah area yang dimiliki Hizbullah. Tahun lalu Hizbullah membunuh seorang penjaga perdamaian Irlandia PBB di Al-Aqbieh di Lebanon di utara Tirus. Pada Mei 2021, roket juga ditembakkan ke Israel dari dekat desa Seddiqine, juga di distrik Tirus.  

Hizbullah telah meningkatkan operasinya di luar negeri dalam beberapa tahun terakhir. Ini termasuk jaringan Hizbullah yang membentang ke Afrika Barat dan Amerika Selatan. Perkembangan terpenting adalah operasi Hizbullah di Suriah, yang dimulai pada 2012 untuk mendukung rezim Suriah. Hizbullah telah memindahkan pasukan ke daerah dekat Golan, daerah yang dikenal sebagai “file Golan” Hizbullah menurut laporan dari Pusat Penelitian dan Pendidikan Alma yang mencakup ancaman di utara Israel. Pada 2019, Hizbullah bahkan membawa drone ke wilayah ini untuk mengancam Israel. Ancaman itu dinetralkan.  

Elemen lain dari ancaman Iran terhadap Israel termasuk milisi di Suriah dan Irak. Ini termasuk Unit Mobilisasi Populer yang berbasis di Irak dan faksi mereka seperti Kataib Hezbollah dan Asaib Ahl al-Haq. Iran menerbangkan drone ke wilayah udara Israel dari Irak pada Mei 2021. Iran juga baru-baru ini meluncurkan drone ke Israel pada 1 April, pekan lalu, dari Suriah.  

Ide Iran untuk perang multi-front bukanlah hal baru. Ini telah membual dalam beberapa bulan terakhir tentang bagaimana Israel runtuh secara internal dan telah mengisyaratkan bahwa ia ingin meningkatkan ancamannya. IRGC Iran mengatakan pada hari Minggu bahwa tahun ini kekuatannya akan tumbuh dibandingkan dengan Israel. Israel juga melakukan latihan pada Mei 2022 sebagai persiapan menghadapi ancaman perang multi-front. Pada saat itu perkiraan mengatakan musuh Israel dapat menembakkan 1.500 roket sehari ke Israel. 

Kubu Iran di Suriah

Perang multi-front dimungkinkan oleh kubu Iran di Suriah. Di masa lalu Iran bisa mengancam Israel menggunakan Hizbullah di Libanon atau PIJ di Tepi Barat dan Gaza, dan Hamas di Gaza. Israel telah meluncurkan operasi untuk menetralisir ancaman PIJ dan Hamas di masa lalu. Sejak tahun lalu Israel juga memerangi orang-orang bersenjata PIJ di Jenin dan faksi Palestina lainnya yang berani melawan Israel. Israel umumnya mencoba mengisolasi ancaman ini, atau mengelola konflik ini. Secara keseluruhan Israel lebih berkonsentrasi pada ancaman Iran dan membendung kubu Iran di Suriah. Operasi ini disebut Kampanye Antara Perang dan telah berlangsung selama bertahun-tahun, melibatkan banyak serangan udara di lokasi-lokasi di Suriah. Ini juga melibatkan operasi yang lebih besar seperti Operasi House of Cards di Suriah pada 2018. 

Namun demikian, ancaman Iran belum hilang dan proksi serta sekutunya tampaknya telah memulai konflik multi-front dengan Israel selama seminggu terakhir. Ini melibatkan operasi pesawat tak berawak Iran pada 1 April, tembakan roket Gaza dari 5 hingga 7 April dan 34 roket ditembakkan ke Israel dari Lebanon pada Paskah, 6 April. Selain itu ada tembakan roket dari Suriah pada 8 dan 9 April. Ada juga penembakan serangan di Tepi Barat dan sebuah pesawat tak berawak diluncurkan dari Gaza pada 3 April. Ketika seseorang melihat gambaran yang lebih besar, gurita mitra dan kelompok Iran berusaha mengancam Israel dari berbagai wilayah. Ini juga belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal tembakan roket dari Lebanon dan Suriah dalam waktu yang sangat singkat. Secara umum perdamaian telah berlaku di sepanjang perbatasan Lebanon sejak 2006.  (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *