Festival Dayung Ciliwung, Heru Budi Ajak Warga Jaga Kebersihan Sungai

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Pemprov DKI Jakarta mendukung segala kegiatan olahraga dan pembinaannya, salah satunya Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu pagi (4/12). Kegiatan yang digagas Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap olahraga dayung. Kegiatan dayung dimulai di sekitar Rusun Pasar Rumput, dan berakhir di dermaga Stasiun BNI City.

Bacaan Lainnya

Dalam Festival Dayung Ciliwung 2022, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono secara simbolis melepas perahu dayung (80 perahu kano). Setelah itu, Ia bersama Menteri PUPR RI turut menaiki perahu menyusuri Sungai Ciliwung sekitar 2 (dua) kilometer menuju dermaga Stasiun BNI City.

Selain itu, Pj Gubernur Heru berharap melalui kegiatan festival ini selain untuk mempopulerkan olahraga dayung, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta dalam menjaga dan memelihara sungai, khususnya Sungai Ciliwung.

“Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga. Saya berharap, melalui Festival Dayung di Sungai Ciliwung dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Sungai yang bersih dapat dimanfaatkan untuk banyak kepentingan masyarakat, termasuk di dalamnya sebagai sarana olahraga dan wisata air,” tegasnya dikutip dari Siaran Pers PPID Jakarta (4/12/2022).

Lebih lanjut, Pj Gubernur Heru menyambut baik atas dipilihnya Sungai Ciliwung sebagai tempat untuk mempopulerkan cabang olahraga dayung. Sebagaimana diketahui, Sungai Ciliwung telah menjadi saksi sejarah berkembangnya Kota Jakarta, sumber air baku warga Jakarta. Sehingga keberadaannya harus dipelihara dengan baik dan dapat juga dikelola sebagai upaya pengendalian banjir di Kota Jakarta.

Kemudian, Pj Gubernur Heru turut mengapresiasi PB PODSI yang telah menginisiasi kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022 ini dalam rangka mempublikasikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Dayung Tahun 2022 di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada tanggal 8-20 Desember 2022.

Senada dengan Pj Gubernur Heru, Menteri PUPR RI sekaligus Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa kegiatan festival dayung di Sungai Ciliwung dimaksudkan pula untuk menggencarkan gerakan menjaga kebersihan Sungai Ciliwung. Kelestarian sungai merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

“Saya tadi bersama Pak Pj Gubernur menyusuri Sungai Ciliwung. Walaupun hanya 2 kilometer, tapi tujuan kami bukan untuk mempopulerkam olahraga dayung tetapi juga untuk selalu memelihara Ciliwung. Kita (juga) bersih-bersih Ciliwung supaya satu-satunya sungai yang besar melewati Jakarta bisa dipakai oleh masyarakat dan sangat bermanfaat untuk kita. (Semoga) pemeliharaan Ciliwung ini bisa menjadi barometer dalam menjaga sungai-sungai di seluruh Indonesia,” ucapnya. (lm)

 

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *