Heru Budi Lepas 15 Ribu Ton Beras ke Retail Modern Jabodetabek

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, melepas pengiriman 15 ribu ton beras ke ritel modern di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pelepasan dilakukan di Rice Plan Cipinang, Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (21/2/2024).

Bacaan Lainnya

Pj Gubernur menjelaskan, pengiriman dilakukan untuk memastikan ketersedian beras untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya hingga bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Pengirman dilakukan secara bertahap dan hari pertama didistribusikan 300 ton beras yang diangkut dengan 20 truk.

“Hari ini kita lepas 15 ribu ton secara bertahap, jadi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan ritel modern di sekitar Jabodetabek. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir terhadap ketersediaan stok beras. Kita juga memiliki safety stock yang tersimpan di Food Station yaitu sekitar 30 ribu ton beras. Kami mengimbau agar masyarakat lebih bijak untuk membeli kebutuhan berasnya. Kira-kira 10 kilogram cukup untuk kebutuhan keluarga selama sebulan,” jelas Pj Gubernur Heru.

Dengan ketersediaan itu, di Pasar Induk Beras Cipinang (Food Station), Pj menilai jumlah itu cukup aman untuk ketersediaan beras di Jakarta dan sekitarnya. “Kami mengimbau agar masyarakat lebih bijak untuk membeli kebutuhan berasnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicolas Mande, menjelaskan nantinya beras berkualitas premium tersebut akan tersebar di 5.000 gerai ritel modern wilayah Jabodetabek dengan harga Rp13.900 perkilogram. Sebelumnya juga telah diluncurkan beras program stabilisasi harga dan pasokan pangan (SPHP) dari Perum Bulog dengan harga Rp 10.900, sehingga memastikan ketersedian beras di ritel modern Jabodetabek tersedia hingga bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Di ritel modern, kita memastikan dengan adanya beras SPHP dan beras premium dari Food Station ini, kita menjalankan harga yang sesuai dengan HET (Harga Eceran Tertingi), sesuai keputusan Badan Pangan Nasional pada Okober 2023 lalu, harga perkilonya untuk SPHP Rp 10.900, harga perkilonya untuk premium Rp 13.900. Ini yang kita akan lakukan setiap hari tentunya dengan ketersedian yang bertambah hari ini dari Food Station,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, Pj. Gubernur Heru didampingi Walikota Jakarta Timur M Anwar, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati, Kepala Biro Perekonomian Mochamad Abbas, Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah Nasruddin Djoko Surjono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, Dirut PT Tjipinang Food Station Pamrihadi Wiraryo, Dirut Ketua Umum APRINDO Roy Nicholas Mandey, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarra Arlyana Abubakar. (***/lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *