Mahfud Md: Saya Siap Debat Khusus Maupun Tidak Khusus

Cawapres Mahfud Md menjawab pertanyaan wartawan usai menghadiri Musyawarah Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia di Jakarta Utara, Jumat (1/12/2023). ANTARA
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mengatakan dirinya tak mempermasalahkan soal ada atau tidaknya sesi debat khusus bagi cawapres, dan dirinya selalu siap mengikuti debat apa pun bentuknya.

Bacaan Lainnya

“Saya siap debat khusus maupun tidak khusus, namanya calon pemimpin harus siap,” kata Mahfud usai menghadiri Musyawarah Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta Utara, Jumat dilansir Antara.

Mahfud mengatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia soal apakah akan ada sesi debat khusus cawapres atau tidak.

“Kalau ditiadakan atau tidak diadakan ya terserah KPU saja kan mereka yang atur,” ujarnya.

Mahfud juga menegaskan dirinya hadir ke Mukernas MUI bukan dalam rangka kampanye.

“Hari ini saya tidak kampanye, saya diundang, tapi kalau kampanye juga enggak salah karena ini kan masa kampanye, tapi saya tadi tidak kampanye,” ujarnya.

Dilansir dari situs Majelis Ulama Indonesia, Wakil Sekretaris Jenderal MUI Buya Pasni Rusli mengungkapkan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-3 MUI yang berlangsung pada 1-3 Desember 2023 akan mengundang calon presiden dan calon wakil presiden untuk mengetahui visi misi kebangsaan.

Pasni mengatakan tujuan utama Mukernas MUI ini untuk menetapkan program kerja prioritas tahun 2024. Mengingat tahun 2024 sebagai tahun politik maka MUI turut mengundang para capres-cawapres untuk mendengar visi misi kebangsaannya.

Selain menetapkan program kerja MUI 2024, Mukernas akan membahas rekomendasi menghadapi Pemilu 2024.

Setelah penetapan program kerja MUI dalam Mukernas, MUI juga akan memberikan rekomendasi terkait cara menghadapi pemilu.

“Meskipun secara lembaga MUI tidak boleh berpihak pada calon presiden atau partai politik tertentu, secara perorangan hal ini tetap diperbolehkan,” ujar Pasni.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *