Pemuda Tapanuli Berkesempatan Magang Ke Jepang

Primaderma Skincare

Doloksanggul, Pelanginews

Forum Umum Kerja Sama Rakyat Indonesia-Jepang wilayah Tapanuli memberikan kesempatan bagi para pemuda lulusan SLTA sederajat untuk magang ke Jepang setelah melalui tahap seleksi dan mengikuti pelatihan.

Read More

“Kesempatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan para pemuda di daerah ini untuk membangun wawasan baru, setelah mereka memperoleh sertifikat kelayakan untuk magang,” kata Ketua Forum Umum Kerja Sama Rakyat Indonesia-Jepang (Fukerinja) wilayah Tapanuli, Poltak Silitonga di Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Jumat.

Pihak Fukerinja, kata dia, akan mengirimkan para pemuda yang lulus seleksi di tingkat daerah dan dianggap layak untuk mengikuti tes selanjutnya di Medan, ibukota provinsi Sumatera Utara.

Menurut Poltak, kegiatan yang dilaksanakan itu murni untuk membantu para pemuda di wilayah Tapanuli yang meliputi Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, dan Humbang Hasundutan dan mengharapkan kalangan yang berminat untuk segera mendaftar.

Program tersebut merupakan salah satu dukungan untuk kerja sama Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dengan pihak Jepang yang membuka peluang magang ke negeri sakura itu.

Fukerinja, akan membantu para pemuda tersebut, melalui kerjasama dengan lembaga pelatihan kerja agar memiliki kemampuan dan kompetensi untuk mengikuti magang ke Jepang.

Seleksi tersebut dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumut pada bulan Oktober 2015. Pemuda Tapanuli yang berminat dapat mendaftarkan diri ke kantor Fukerinja wilayah Tapanuli, di Jalan Sisingamangaraja Tarutung, Tapanuli Utara.

“Magang tersebut sebagai salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran,” kata Poltak.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Humbang Hasundutan, Osborn Siahaan menyebutkan, peluang yang diberikan oleh Fukerinja tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan putra daerah, khususnya para pemuda yang belum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kita berharap program tersebut dimanfaatkan para pemuda dari kawasan Tapanuli, dengan tidak menyianyiakan kesempatan berharga yang ditawarkan Fukerinja,” katanya. (ant/lm)

Primaderma Skincare

Related posts

Primaderma Skincare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *