Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekraf Kelola Keuangan

Primaderma Skincare

Yogyakarta, Pelanginews

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif agar mampu mengelola keuangan dengan baik untuk mengoptimalisasi produk-produk yang semakin berkualitas.

Bacaan Lainnya

Menparekraf Sandiaga Uno saat menjadi narasumber Pelatihan Keuangan Sektor UMKM di Yogyakarta, Selasa (30/8/2022) menjelaskan tata kelola keuangan menjadi salah satu faktor penting bagi pelaku ekraf agar bisa bertahan hingga mengembangkan produk-produknya.

“Mereka harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Bagaimana bisa melakukan penghematan, menurunkan biaya, dan bagaimana bisa bertahan tapi justru bisa berkembang dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Sandiaga Uno dikutip dari Siaran Pers, Rabu, 31 Agustus 2022.

Menparekraf Sandiaga saat pelatihan yang digelar oleh Bank Infaq itu menjelaskan kemajuan ekosistem keuangan syariah Indonesia tercermin dari pencapaian Indonesia yang berhasil menduduki peringkat puncak sebagai negara dengan ekosistem keuangan syariah terbaik global (Islamic Finance Country Index Report 2021

Hal ini menjadi peluang untuk mengoptimalkan penguatan ekosistem lembaga keuangan syariah untuk sustainable financing sebagai akselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan konsep ‘FAST’ kepada peserta pelatihan yakni Fathonah, Amanah, Sidiq, Tabligh. “Kalau ada gelombang kita tidak usah melawan, justru kita harus berselancar di atas gelombang tersebut artinya kita harus cerdas. Mau jadi pengusaha sukses kita harus amanah, kemudian harus jujur, dan dapat dipercaya,” katanya.

Selain itu, Sandiaga mengatakan untuk memiliki sistem keuangan yang baik maka diperlukan manajemen keuangan yang mumpuni meliputi planning, budgeting, controlling, auditing, dan reporting.

“Dengan diterapkan konsep tersebut mudah-mudah tata kelola keuangan para pelaku ekraf bisa semakin membaik. Juga diharapkan terdapat penciptaan dan kebangkitan ekonomi karena terdapat 1,1 juta lapangan pekerjaan baru pada 2021. Sehingga pada 2024 target 4,4 juta lapangan kerja baru dapat terealisasikan,” ujarnya. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *