Sudin SDA Jakarta Timur Didorong Fokus Proyek Penanggulangan Banjir

Embung Pekayon di Jakarta Timur (Pelanginews/lm)
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta terus melakukan berbagai upaya untuk penanggulangan banjir di Jakarta dengan pembangunan Waduk, Embung, folder dan perbaikan sejumlah saluran. Anggaran yang dikucurkan untuk penanggulangan banjir cukup besar, mencapai ratusan miliar rupiah.

Bacaan Lainnya

Salah satu proyek penanggulangan banjir yang dibangun tahun anggaran 2024 ini adalah Pembangunan Embung Pekayon di Jakara Timur. Revitalisasi Waduk Pekayon yang dibangun pada tahun 2021 sudah dilaksanakan pada tahun anggaran 2023 dengan pekerjaan pembuatan turap keliling embung. Embung yang memiliki luas lahan 1, 6 hektare itu juga dibangun jogging track.

Sementara data dari Sirup LKPP, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur pada tahun 2024 mengalokasikan Anggaran sebesar Rp. 7.010.336.000,00 untuk Embung Pekayon dengan nama paket, Pekerjaan Lanskap dan fasilitas pendukung lainnya Embung Pekayon.

Plt Kasudin SDA Jakarta Timur, Rauf yang dikonfirmasi mengatakan, kontrak pembangunan Embung Pekayon tahun anggaran 2023 adalah sebesar Rp. 7.472.678.425,00 dengan rincian pekerjaan Area Basah dan sebagian Area Lanskap meliputi Turap Grass Block dengan pondasi Strausspile, Area Pemancingan, Jogging Track sisi Barat dan Ramp alat berat untuk pemeliharaan embung.

“Dari total pagu Pembangunan Embung dan Penampung Air Lainnya Tahun Anggaran 2024 sebesar 15M meliputi, Pekerjaan Lanskap dan Fasilitas Pendukung lainnya Embung Pekayon sebesar 7M an dan pengawasannya dan
Revitalisasi Embung Kaja sebesar 7M an dan pengawasannya” ujar Rauf dalam pernyataan tertulis.

.
Fokus Penanggulangan banjir

Sementara LSM Jakarta Publik Service (JPS) mendorong Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur fokus dan memprioritaskan pembangunan penanggulangan banjir, pekerjaan yang tidak terkait langsung dengan penanggulangan banjir bisa menyusul tahap berikutnya.

“Anggaran untuk Waduk Pekayon sesuai RUP adalah Pekerjaan Lanskap dan fasilitas pendukung lainnya, lanskap itu kan terkait dengan taman, bukan penanggulangan banjir” ujar Rahmat Hidayat, Divisi Anggaran Publik Jakarta Public Service (JPS), 6/5/2024.

Dia menambahkan dengan anggaran Rp 7 miliar lebih Embung Pekayon saat ini sudah berfungsi untuk mengatasi banjir di sekitar Pekayon.

“Anggaran untuk pekerjaan lanskap itu bisa untuk membangun embung yang lain atau perbaikan saluran air” pungkasnya (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *