Anambas Persiapkan SDM Kelola Potensi Baru

Primaderma Skincare

Anambas, Pelanginews

Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin mengaku sedang fokus mempersiapkan beberapa aspek untuk mendukung penggarapan sumber daya potensial untuk menjadi unggulan bagi sebuah kabupaten yang dipimpinnya.

Read More

Hal tersebut menurutnya sangat penting dilakukan mengingat sumber daya migas yang selama ini menjadi andalan kabupaten itu tidak akan bertahan lama, sehingga Pemkab menilai penting untuk menggali sumber-sumber lain yang potensial untuk menggantikan posisi sumber daya migas tersebut

“Sekarang ini sumber daya utama kita berasal dari migas, tapi itu terbatas, suatu saat akan habis dan tidak bisa diperbaharui lagi. Karenanya kita harus mempersiapkan diri menggali potensi-potensi sumber daya lain yang ada di Kabupaten ini,” ungkap Bupati, di Gedung BPMS, Tarempa.

Dijelaskanya bahwa penting memulai persiapan sejak dini. Pasalnya jika persiapan tersebut tidak dimulai sejak dini, dikhawatirkan Anambas akan mengalami kemunduran ketika potensi Migas di Kabupaten itu menipis.

“Kalau Migas sudah habis, maka daerah kita akan kesulitan. Bahkan mungkin bisa jadi mengalami kemunduran. Kita tidak ingin hal tersebut terjadi, makanya sejak dini kita sudah harus persiapkan semua sektor untuk menggali dan menggarap potensi-potensi baru,” katanya .

Bupati juga menjelaskan, persiapan paling pokok yang tengah dilakukan oleh Pemkab  adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengelola dan mengembangkan potensi sumber daya alam di Kabupaten perbatasan ini.

Anambas telah dianugerahi dengan potensi yang cukup melimpah, mulai dari potensi kelautan dan perikanan, hingga potensi pariwisata yang sudah mendapat pengakuan dunia. Tidak lupa juga dengan potensi pertanian juga sangat menjanjikan.

Namun tanpa pengelolaan yang dilakukan oleh SDM yang berkompeten, potensi tersebut tidak akan bisa dikembangkan dengan maksimal. Bahkan di khawatir putra-putri Anambas akan menjadi penonton di daerahnya sendiri.

“Yang paling utama adalah mempersiapkan SDM yang memadai untuk mengembangkan dan mengelola potensi-potensi kita. Karena kalau berbicara potensi, Anambas ini tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari dasar laut sampai daratnya memiliki potensi yang luar biasa”, kata Bupati. (ant/red)

Primaderma Skincare

Related posts

Primaderma Skincare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *