Badai Musim Dingin di AS, 17 Orang Tewas

Seseorang yang terbungkus selimut melintasi jalan yang tertutup salju di St Louis di tengah siklon bom. foto: AP
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Sedikitnya 17 orang tewas di Amerika Serikat (AS) saat negara itu bergulat dengan badai musim dingin yang membuat suhu turun hingga -45C (-49F).

Bacaan Lainnya

Lebih dari 200 juta orang – sekitar 60% dari populasi AS – berada di bawah beberapa bentuk peringatan atau nasihat cuaca, dengan cuaca dingin yang brutal diperkirakan akan berlanjut hingga akhir pekan Natal

Dilansir dari Sky News, suhu di seluruh negara bagian pedalaman telah turun: -45,6C (-50F) di Montana, dan Des Moines di Iowa terasa seperti -38C (-37F), memungkinkan untuk menderita radang dingin dalam waktu kurang dari lima menit, menurut National Weather Service.

Salju lebat dan kondisi badai salju terus berlanjut di sekitar sebagian wilayah Great Lakes – yang mencakup danau Superior, Michigan, Huron, Erie, dan Ontario – dengan salju setebal 4 kaki diperkirakan terjadi di sisi timur Danau Ontario dan Danau Erie.

Angin kencang telah merobohkan pohon dan merobohkan kabel listrik, dengan setidaknya 1,4 juta rumah dan bisnis tanpa listrik pada Jumat pagi, meskipun jumlah ini telah turun menjadi sekitar 550.000 pada Jumat malam.

Menurut situs web poweroutage.us, Maine, Pennsylvania, Virginia, dan North Carolina adalah yang paling parah terkena dampaknya, diikuti oleh Tennessee, New York, Maryland, dan Connecticut.

Lebih dari 5.000 penerbangan masuk, dalam dan keluar AS dibatalkan pada hari Jumat, dan ada terburu-buru untuk membuka tempat penampungan darurat yang cukup bagi mereka yang tunawisma atau tidak memiliki listrik di rumah.

Ada juga upaya mendesak yang dilakukan untuk mendapatkan kayu bakar ke beberapa suku asli Amerika yang tinggal jauh, seperti anggota Suku Rosebud Sioux dan Suku Oglala Sioux di South Dakota.

Presiden suku Frank Star Comes Out menggambarkan upaya itu sebagai “pertarungan yang luar biasa sejauh ini”.

Presiden AS Joe Biden berkata: “Ini tidak seperti hari bersalju ketika Anda masih kecil – ini hal yang serius.”

Kanada juga mengalami badai yang buruk, yang menyebabkan ratusan penerbangan ditunda atau dibatalkan dan ratusan ribu properti tanpa listrik.

Sersan Polisi Provinsi Ontario Kerry Schmidt mengatakan polisi telah menerima laporan hingga 100 kendaraan yang terlibat dalam beberapa tabrakan yang telah menutup jalan raya utama dekat London, Ontario. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *