Dinas Dukcapil DKI Jakarta Raih Penghargaan Dukcapil Prima

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan “Dukcapil Prima” sebagai Dinas Dukcapil digitalisasi terbaik se-nasional oleh Kementerian Dalam Negeri RI dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) 2023 Kabupaten/Kota se-Indonesia. 

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri , Tito Karnavian, acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat Dukcapil dan stakeholder di seluruh Indonesia bertempat di Novotel Palembang, Sumatera Selatan

Pada Sambutan yang diberikan Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaluddin menyampaikan Ucapan rasa syukur dan apresiasi atas seluruh kerja keras tim dari Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, TK. Sudin Kota/Kabupaten. Kecamatan dan Kelurahan dalam melakukan digitalisasi kependudukan di Jakarta yang telah memberikan pelayanan terbaik serta menyenangkan semua lapisan masyarakat. 

Berbagai inovasi yang dilakukan tanpa henti oleh seluruh petugas bahkan dilakukan diluar jam kerja dalam program pelayanan rabu petang dan jemput bola pada hari sabtu dan minggu terbayar dengan penghargaan ini, tambah budi.

“Terimakasih kepada Bapak Pj. Gubernur Heru Budi dan seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta yang telah memberikan bimbingan dukungan, dan terima kasih kepada para kolaborator seperti DPRD DKI Jakarta, SKPD, institusi/lembaga mitra lainnya atas dukungan dan kerja sama selama ini. Serta yang terpenting, tentunya masyarakat Jakarta sebagai penerima layanan dengan terus memberikan saran serta kritik yang membangun dalam pelayanan” kata Budi, Kamis  (26/10/2023).

Rakornas juga dihadiri sejumlah narasumber yang kompeten di antaranya Ketua Komisi II DPR RI, Ketua KPU, dan Pj. Gubernur Sumatera Selatan. Hadir pula narasumber lainnya dari Kemenkeu, Bappenas, Kementerian PAN-RB, BSSN, Kemenlu, dan para Pejabat Eselon I dan II Kemendagri. Kegiatan ini juga dihadiri 2.000 peserta secara langsung dan disediakan zoom meeting dengan kapasitas 1.000 bagi peserta daring.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito karnavian, menyampaikan percepatan digitalisasi dalam kependudukan untuk menjadi dasar akselerasi pelayanan dari seluruh pelayanan publik seperti BPJS, SIM.

Lebih lanjut, Tito menjelaskan, era digital telah mengubah lanskap ekonomi, politik, serta sosial, dan data menjadi komoditas berharga dalam ekosistem ini. 

“Data ini mencakup beragam informasi, seperti perilaku konsumen, akses pasar, dan mobilitas talenta digital, yang sangat penting dalam ekonomi digital yang tumbuh subur.” Jalasnya.

Ia menambahkan, rakornas tahun ini dengan tema “Penguatan Dukcapil untuk pelayanan publik dan suksesnya Pemilu serentak”  yang berlangsung pada tanggal 24-26 Oktober 2023. 

“Sudah saatnya pengembangan Dukcapil perlu dilakukan secara modern dan efisien sebagai bagian dari sistem tata pemerintahan Indonesia.” Tandasnya (dm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *