Kejurnas Catur ke-49 di Jakarta Pecahkan Rekor MURI

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono Membuka Kejurnas Catur ke-49 Tahun 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (13/3)
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-49 tahun 2023 secara resmi dibuka Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono didampingi Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, dan Ketum PB Percasi Utut Adianto di di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2023).

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Komite Olahraga Nadional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengapresiasi Kejurnas Catur ke-49 tahun 2023 ini. Pasalnya, banyak diantara peserta adalah atlet usia dini yang diwadahi nomor tertentu.

“Tidak ada Kejurnas yang pesertanya 1.500 lebih. Semoga Kejurnas yang diikuti banyak peserta ini membantu PB Percasi dalam memilih atlet-atlet terbaik Indonesia yang akan meraih prestasi yang membanggakan,” kata Marciano.

KONI Pusat sangat mendukung pembinaan atlet yang dilakukan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi). Terlebih PB Percasi memberikan perhatian terhadap atlet-atlet usia dini. Diyakini bahwa atlet berprestasi masa depan ada pada Kejurnas kali ini. “Juara-juara dunia ini ada, duduk diantara kita,” ujarnya.

Marciano menambahkan, catur merupakan cabang olahraga yang berdampak pada kemampuan sumber daya manusia (SDM) karena memerlukan pikiran yang baik. Oleh karenanya, prestasi catur bisa mencerminkan kualitas SDM suatu bangsa.

“Catur ini betul-betul olahraga yang prestisius karena prestasi catur bisa membuat orang berpikir, rata-rata di Indonesia berapa tingkat inteligensianya,” jelas Marciano.

Hal senada dikatakan Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto. Grandmaster catur ini mengungkapkan bahwa catur berkembang dengan baik di Indonesia. Ia sampaikan Kejurnas pertama di Tegal, 75 tahun lalu hanya diikuti 16 peserta.

Padahal Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia memiliki potensi yang besar. “Kita ini kaya ikan, dijaring dimana saja ada,” jelasnya.
Utut menargetkan Indonesia melahirkan atlet catur andalan Asia dan bahkan dunia.

Ketua Umum Pengprov Percasi DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga mengatakan, Kejurnas kali ini berhasil memecahkan Rekor MURI dengan jumlah peserta 1.506 peserta. Mereka akan bertanding mulai dari tanggal 14 Maret sampai dengan 19 Maret 2023.

“Kami berhasil memecahkan Rekor MURI sebelumnya di Jawa Timur dengan junlah 1.300 peserta. Nantinya, jumlah peserta ini akan kami laporkan setelah pelaksanaan Kejurnas,” ungkapnya.(lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *