Pemprov DKI Dukung Inovasi Digitalisasi Pembayaran

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri kegiatan Digital Ecosystem bertajuk ‘Cash Free Day 2022’ yang diinisiasi oleh Bank DKI, di Arena Thamrin 10 Food and Creative Park, Jakarta Pusat, Minggu (11/9). Pada kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh inovasi atau pengembangan, serta sosialisasi atas digitalisasi dalam transaksi pembayaran atau pembayaran non-tunai guna meningkatkan inklusi keuangan di Kota Jakarta.

Read More

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta melalui Bank DKI telah berkolaborasi dengan Bank Indonesia untuk berinovasi mengembangkan sistem digitalisasi pembayaran. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ‘Cash Free Day 2022’ diharapkan dapat mengedukasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai digitalisasi pembayaran yang dikembangkan di Kota Jakarta. Kegiatan tersebut dinilai berhasil menarik animo masyarakat Jakarta untuk dapat merasakan inovasi transaksi non-tunai yang dikembangkan oleh Bank DKI.

“Sosialisasi dengan memanfaatkan momentum seperti hari ini berpengaruh besar dalam menanamkan kebiasaan kepada masyarakat. Pada awalnya kita memang harus memperbanyak sosialisasi, memberi pemahaman, hingga diterima dan dilakukan oleh masyarakat dan suatu saat akan menjadi kebiasaan. Perubahan itu memang tidak mudah, namun dengan berbagai strategi semua bisa menuju perubahan tersebut,” jelas Wagub Ariza dalam sambutannya.

Saat ini, sambung Wagub Ariza, teknologi berkembang begitu pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan secara digital, salah satunya melalui telepon selular. Sekarang di berbagai tempat belanja di Jakarta, sudah tersebar sistem transaksi online.

Seperti diketahui bersama, Bank Indonesia telah mengembangkan digitalisasi pembayaran di Indonesia dengan meluncurkan Quick Response (QR) Code. QR Code digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik served based atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS disebutkan mengusung semangat UNGGUL (Universal, Gampang, Untung, dan Langsung). Tujuannya antara lain untuk mendorong efesiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sejalan dengan itu, Wagub Ariza menyampaikan apresiasi kepada Bank DKI yang telah bekerja keras mengembangkan digitalisasi pembayaran melalui JakOne Mobile. Bahkan, kinerja PT Bank DKI per Juli 2022 menghasilkan pertumbuhan transaksi melalui JakOne Mobile sebesar 29,42% atau sebanyak 477.262 year on year (yoy).

“Selain transaksi QRIS, sampai dengan Juli 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna. Para pengguna itu tercatat melakukan sebanyak 12 juta volume transaksi dengan nominal lebih dari Rp 11 triliun. Itu artinya, masyarakat kita sudah mulai terbiasa melakukan transaksi non-tunai. Ini merupakan hasil yang sangat baik, dan kami yakin akan terus berkembang ke depannya,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub Ariza turut mengapresiasi kegiatan ‘Cash Free Day 2022’. Kegiatan itu sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mulai membiasakan terbuka dengan perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan dan kenyamanan, khususnya dengan berbagai perkembangan teknologi di bidang transaksi.

“Atas nama Pemprov DKI Jakarta, kami menyambut baik, bersyukur dan bangga selama 3 hari pelaksanaan Cash Free Day Bank DKI, telah menunjukkan upaya perbaikan yang baik melalui peningkatan inovasi. Kami mengajak untuk mendukung berbagai program yang telah dicanangkan Pemprov DKI melalui Bank DKI dalam mendukung pengembangan UMKM, melalui promosi dan pembiayaan,” pungkas Wagub Ariza.

Sementara itu, Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy menyampaikan bahwa Bank DKI saat ini terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata, terutama di bidang digital menuju bank BPD nomor 1 se-Indonesia. Salah satu inovasi digital Bank DKI, selain scan to pay QRIS, antara lain dikembangkannya digital lending, di mana nasabah dapat melakukan pengambilan kredit melalui smartphone yang terhubung dengan OJK, maupun Dinas Dukcapil.

Kemudian, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 1 Jakarta-Banten, Roberto Akyuwen turut menyampaikan apresiasi atas kinerja Bank DKI yang telah melakukan langkah dengan tepat, dibuktikan dengan penghargaan yang diterima Bank DKI. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan transformasi digital di sektor jasa keuangan guna mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat yang dilakukan oleh OJK.

Untuk diketahui, kegiatan ‘Cash Free Day 2022’ berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 9 hingga 11 September 2022 di Thamrin 10 Food and Creative Park, Jakarta Pusat. Pengunjung yang hadir dalam gelaran itu dapat menikmati berbagai pilihan kuliner yang tersedia di berbagai stand di Thamrin 10 dengan melakukan pembayaran menggunakan metode scan to pay QRIS melalui aplikasi JakOne Mobile, maupun JakOne Pay.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika bertransaksi di Thamrin 10. Sebab, QRIS Bank DKI yang sudah berizin dari Bank Indonesia yang dapat digunakan pada aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik Bank maupun non Bank.

Tidak hanya memberikan pengalaman bertransaksi secara non-tunai melalui super apps JakOne Mobile dan JakOne Pay, acara Cash Free Day Bank DKI, juga memanjakan pengunjung dengan penampilan Maliq & D’Essentials. Selain itu, diadakan pula lomba modern dance tingkat SMA se-Jakarta, penampilan Wayang Bharata, Zumba, serta flashmob yang semakin memeriahkan acara. (lm)

Primaderma Skincare

Related posts

Primaderma Skincare

Leave a Reply

Your email address will not be published.