Sandiaga Uno Buka “Gelar Melayu Serumpun 2022” di Medan

Primaderma Skincare

Medan, Pelanginews

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan festival “Gelar Melayu Serumpun 2022” di Istana Maimun, Medan, Sumatra Utara.

Bacaan Lainnya

Dalam pembukaan yang dilaksanakan pada Senin (31/10/2022), Menparekraf Sandiaga mengungkapkan event ini diharapkan mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Medan dan sekitarnya.

“Berdasarkan pengalaman saya, event-event seperti ini mampu menyerap peluang usaha dan lapangan kerja masyarakat yang lebih luas,” kata Sandiaga dikutip dari Siran Pers Kemenparekraf/Baparekraf (1/11/2022)

Sandiaga menjelaskan “Gelar Melayu Serumpun 2022” merupakan festival budaya Melayu yang diikuti oleh sejumlah daerah di Indonesia dan empat negara di Asia Tenggara yang dihuni oleh etnis Melayu, yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Event yang digelar pada 31 Oktober-3 November 2022 ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti seni musik dan tarian tradisional khas Melayu, pameran UMKM produk-produk kuliner, kriya, dan fesyen khas Melayu.

Ia mengatakan, melalui event yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi Sumatra Utara, khususnya Medan melalui sektor parekraf. Terlebih, event yang sebelumnya dilaksanakan pada 2019 ini sempat tertunda selama dua tahun lamanya akibat pandemi COVID-“Saya sangat mengapresiasi kehadiran event ini karena mampu memacu semangat untuk kebangkitan (ekonomi), peluang usaha terbuka, dan lapangan kerja juga tercipta. Oleh karena itu dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini ‘Gelar Melayu Serumpun 2022’ resmi dibuka,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution berharap “Gelar Melayu Serumpun 2022” bisa meningkatkan nilai pariwisata Kota Medan di bidang wisata budaya.

“Kami harapkan kegiatan ini bisa meningkatkan nilai parekraf Kota Medan di bidang kebudayaan yang kami perkenalkan melalui tarian, busana, dan kuliner khas Melayu. Jadi kami mohon support terus oleh Bapak Menteri agar bisa tetap memperkenalkan Kota Medan di tingkat nasional dan internasional,” kata Bobby.

Acara pembukaan Gelar Melayu Serumpun 2022 ini juga diisi dengan pertunjukan tarian kolosal Melayu dan penampilan grup musik D’Masiv. Sandiaga dan Bobby bahkan sempat bernyanyi bersama D’Masiv membawakan lagu “Jangan Menyerah”.

Dalam kesempatan ini Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf Reza Fahlevi; Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal; dan Plt Direktur Poltekpar Medan, Ngatemin. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa kepala daerah di Indonesia. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *