Santorini Gorontalo, Dibangun PT Rancang Bangun Mandiri dari Kawasan Kumuh Jadi Destinasi Wisata

Santorini Gorontalo Kawasan Kumuh Dirubah Jadi Destinasi Wisata (Foto: ist)
Primaderma Skincare

Gorontalo, Pelanginews

Pembangunan kawasan kumuh Talumolo Kota Gorontalo yang dilaksanakan PT Rancang Bangun Mandiri rampung pada akhir tahun lalu sesuai dengan target. Proyek kebanggaan warga Gorontalo ini diwujudkan melalui kolaborasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Gorontalo.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama PT Rancang Bangun Mandiri Arief Rahman mengatakan, pihaknya dipercaya Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melaksanakan pekerjaan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Talumolo setelah melalui seleksi yang sangat ketat. Pekerjaan perbaikan pemukiman yang berlokasi di Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo itu mulai dikerjakan pada Februari 2023 dan rampung pada akhir tahun 2023.

Pembangunan kawasan kumuh yang didanai dari APBN Kementerian PUPR tahun 2023 senilai Rp 25 miliar itu telah diserahterimakan Desember 2023 ke Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Propinsi Gorontalo, Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Arief menuturkan, pada awalnya pihaknya banyak mengalami kendala dalam pembangunan kawasan kumuh Talumolo, namun berkat koordinasi dengan semua pihak terkait dan dilakukan sosialiasi kepada warga semua berjalan dengan lancar dan bisa rampung sesuai target dari Kementrian PUPR.

Program peningkatan kualitas pemukiman memberikan dampak positif bagi warga setempat. Rumah-rumah yang sebelumnya tidak teratur dan kumuh, kini mengalami perubahan 360 derajat.
Kawasan yang dulunya kumuh itu ditetapkan dengan nama Santorini atau Kawasan Talumolo Rindang dan Indah.
Selain perbaikan permukiman, Santorini juga dilengkapi dengan lapangan sepak bola yang memiliki tribun baru, kawasan ini juga dimanfaatkan sebagai tempat olahraga lari oleh masyarakat setempat.

Hadirnya Santorini disambut baik warga setempat. Mereka senang dan bersyukur atas dibuatnya Santorini. Kawasan destinasi baru ini juga dimanfaatkan warga setempat sebagai peluang usaha UMKM kuliner, nampak berbagai kebutuhan peralatan tertata di sepanjang jalan paving blok Santorini.

Saat malam hari tampilan Santorini tampak lebih keren dengan adanya aneka lampu hias kelap kelip yang dipasang di beberapa titik sepanjang jalan. Terlihat dari jauh, tampilan jembatan Talumolo yang juga dihiasi lampu hias aneka warna yang silih berganti, menambah kemeriahan suasana malam. Tak salah jika Santorini disebut sebagai destinasi wisata baru di Kota Gorontalo. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *