Seluruh Wilayah DKI Jakarta Raih Penghargaan Piala Adipura

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Untuk pertama kalinya, seluruh wilayah kota dan kabupaten administrasi di DKI Jakarta meraih Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Kelima kota dan satu kabupaten tersebut yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Penghargaan bergengsi ini menandakan komitmen dan kerja keras bersama dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt. Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, di Graha Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, termasuk seluruh warga Jakarta yang berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi antara pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan seluruh warga Jakarta dalam menjaga lingkungan hidup di Jakarta. Penghargaan juga tak lepas dari peran Pj. Gubernur Heru Budi Hartono yang memprioritaskan program pengurangan pengelolaan sampah dari sumber, hingga mendapatkan Piala Adipura,” ujar Asep.

Asep melanjutkan, saat ini DLH Provinsi DKI Jakarta memiliki target memaksimalkan pengurangan dan pengelolaan sampah di Jakarta. Upaya ini dilakukan melalui berbagai program mulai dari hulu, tengah, dan hilir.

“Di hulu, kami fokus pada regulasi dan edukasi untuk mengurangi sampah dari sumbernya. Di tengah, kami meningkatkan infrastruktur dan teknologi pengelolaan sampah. Dan di hilir, kami fokus pada pengolahan sampah menjadi energi dan produk yang bermanfaat,” jelas Asep.

Beberapa program yang telah dijalankan seperti menerbitkan Peraturan Gubernur 142 Tahun 2019 tentang Pengendalian Sampah Sekali Pakai, Peraturan Gubernur 77 Tahun 2020 untuk Badan Pengelolaan Sampah Skala RW, Pengoperasian 7 Fasilitas Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) di Dalam Kota, Penanganan Sampah di Badan Air dengan Saringan Sampah Canggih di T.B. Simatupang, hingga Fasilitas RDF (Bahan Alternatif dari Sampah) Terbesar di Indonesia.

Asep menegaskan, penghargaan Adipura ini merupakan motivasi bagi DLH Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Pemprov DKI Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup di Jakarta.

“Penghargaan ini bukan akhir, melainkan awal dari perjalanan panjang untuk mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang berkelanjutan. Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras dan bersinergi dengan semua pihak untuk menjaga lingkungan hidup di Jakarta,” tutup Asep.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik Zulfikar Dachlan, turut mengapresiasi torehan sejarah ini. Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas dari peran DLH Provinsi DKI Jakarta yang selalu berinovasi dalam menciptakan Jakarta sebagai Kota Global yang berkelanjutan.

“DLH DKI Jakarta telah menunjukkan berbagai terobosan, mulai dari penguatan regulasi dalam pengelolaan sampah, pembangunan infrastruktur pengelolaan sampah yang canggih, hingga selalu melibatkan warga dalam upaya mengurangi sampah dari sumber,” papar Zulfikar.

Ia pun menyebut, tantangan isu-isu lingkungan hidup Jakarta di masa depan akan semakin menantang, sehingga DLH Provinsi DKI Jakarta harus bekerja lebih keras dari sekarang. “Penghargaan Adipura ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk mewujudkan Jakarta yang bersih, hijau, dan berkelanjutan,” tutup Zulfikar. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *