Sumut Rencanakan Cetak 1.160 Ha Sawah Baru

Primaderma Skincare

Medan, Pelanginews

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan mencetak sawah baru seluas 1.160 hektare di beberapa daerah setelah dalam lima tahun terakhir sudah mencetak seluas 4.400, 5 hektare.

Read More

“Tujuan pencetakan sawah baru untuk meningkatkan produksi beras sekaligus mendorong kembali jumlah rumah tangga pertanian yang diakui mengalami penurunan,” kata Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho di Medan, Kamis.

Untuk kepentingan pencetakan sawah baru seluas 1.160 hektare itu, Pemprov Sumut melalui dinas terkait akan melakukan pengkajian di daerah mana yang tepat untuk dilakukan pembukaan lahan pertanian baru tersebut.

Pengkajian dilakukan agar tidak salah sasaran sehingga target peningkatan produksi beras Sumut bisa tercepai.

Sumut, kata dia, memang masih berharap menjadi salah satu lumbung padi nasional.

Kasubbag Program Dinas Pertanian Sumut, Lusyantini mengatakan, produksi padi Sumut pada Januari-Mei cukup bagus atau 1.788.463 ton dari hasil panen 353.172 hektare.

“Diharapkan panen padi Sumut masih akan tetap bagus, meski ada cuaca ekstrem,” katanya.

Target padi Sumut tahun ini sebesar 4.155.590 ton.

Selain melakukan pencetakan sawah baru, untuk pencapaian target produksi, Pemprov Sumut melakukan banyak hal seperti menjaga alih fungsi lahan dan pemberian bibit dan pupuk berkualitas agar bisa mendorong produktivitas hasil panen petani.(ant/lm)

Primaderma Skincare

Related posts

Primaderma Skincare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *