Ukraina Persiapkan Serangan ke Donbas

Prajurit Ukraina mengendarai Armored Personnel Carrier (APC) dan tank, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, di dekat kota Izium, yang baru-baru ini dibebaskan oleh Angkatan Bersenjata Ukraina, di wilayah Kharkiv, Ukraina 19 September 2022. REUTERS/Gleb Garanich
Primaderma Skincare

Izium, Pelanginews

Ukraina mengatakan pasukannya telah masuk lebih jauh ke timur ke wilayah yang baru-baru ini ditinggalkan oleh Rusia, membuka jalan bagi kemungkinan serangan terhadap pasukan pendudukan Moskow di wilayah Donbas saat Kyiv mencari lebih banyak senjata Barat.

Bacaan Lainnya

“Para penjajah jelas panik,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dalam pidato yang disiarkan televisi pada Senin malam, menambahkan bahwa dia sekarang fokus pada “kecepatan” di daerah-daerah yang dibebaskan.

“Kecepatan pasukan kami bergerak. Kecepatan dalam memulihkan kehidupan normal,” kata Zelenskiy.

Pemimpin Ukraina itu juga mengisyaratkan dia akan menggunakan pidato video ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Rabu untuk meminta negara-negara mempercepat pengiriman senjata dan bantuan.

“Kami melakukan segalanya untuk memastikan kebutuhan Ukraina terpenuhi di semua tingkatan – pertahanan, keuangan, ekonomi, diplomatik,” kata Zelenskiy.

Angkatan bersenjata Ukraina telah mendapatkan kembali kendali penuh atas desa Bilohorivka, dan bersiap untuk merebut kembali semua provinsi Luhansk dari penjajah Rusia, kata Gubernur provinsi Serhiy Gaidai. Desa ini hanya berjarak 10 km (6 mil) barat kota Lysychansk, yang jatuh ke tangan Rusia setelah berminggu-minggu pertempuran sengit di bulan Juli.

“Akan ada pertempuran untuk setiap sentimeter,” tulis Gaidai di Telegram. “Musuh sedang mempersiapkan pertahanan mereka. Jadi kita tidak akan begitu saja masuk.”

Luhansk dan provinsi tetangga Donetsk terdiri dari kawasan industri timur Donbas, yang menurut Moskow akan direbut sebagai tujuan utama dari apa yang disebutnya “operasi militer khusus” di Ukraina.

Pasukan Ukraina mulai menyerbu ke Luhansk sejak mengusir pasukan Rusia keluar dari provinsi Kharkiv timur laut dalam serangan balasan kilat bulan ini.

Sebagai tanda kegugupan dari pemerintahan yang didukung Moskow di Donbas tentang keberhasilan serangan Ukraina baru-baru ini, pemimpinnya menyerukan referendum mendesak agar wilayah itu menjadi bagian dari Rusia.

Denis Pushilin, kepala pemerintahan separatis yang berbasis di Moskow di Donetsk, meminta sesama pemimpin separatis di Luhansk untuk menggabungkan upaya mempersiapkan referendum untuk bergabung dengan Rusia.

“Selama 24 jam terakhir, unit-unit Pasukan Pertahanan Ukraina memukul mundur serangan musuh di daerah pemukiman Mayorsk, Vesele, Kurdyumivka dan Novomykhailivka,” katanya dalam pembaruan harian.

Di selatan, di mana serangan balasan Ukraina lainnya mengalami kemajuan yang lebih lambat, angkatan bersenjata Ukraina mengatakan mereka telah menenggelamkan sebuah tongkang yang membawa pasukan dan peralatan Rusia melintasi sungai dekat Nova Kakhovka di wilayah Kherson.

“Upaya untuk membangun penyeberangan gagal menahan tembakan dari pasukan Ukraina dan dihentikan. Tongkang … menjadi tambahan kekuatan kapal selam penjajah,” kata militer dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi laporan medan perang kedua belah pihak.

kuburan suram

Ukraina masih menilai apa yang terjadi di daerah-daerah yang berada di bawah kendali Rusia selama berbulan-bulan sebelum kekalahan pasukan Rusia secara dramatis mengubah dinamika perang awal bulan ini.

Di sebuah pemakaman darurat yang luas di hutan dekat kota Izium yang direbut kembali, para ahli forensik Ukraina sejauh ini telah menggali 146 mayat yang terkubur tanpa peti mati, kata gubernur regional Kharkiv Oleh Synehubov, Senin. Sekitar 450 kuburan telah ditemukan di situs tersebut, kata Zelenskiy read more

Menyebarkan berkelompok di bawah pepohonan, para pekerja menggunakan sekop untuk menggali mayat yang sebagian membusuk, beberapa di antaranya menurut penduduk setempat telah tergeletak di jalan-jalan kota lama setelah mereka meninggal sebelum dikuburkan.

Pemerintah belum mengatakan bagaimana sebagian besar orang tewas, meskipun para pejabat mengatakan puluhan orang tewas dalam penembakan sebuah gedung apartemen, dan ada tanda-tanda orang lain terbunuh oleh pecahan peluru.

Menurut pemeriksaan pendahuluan, empat orang menunjukkan tanda-tanda penyiksaan, dengan tangan diikat ke belakang, atau dalam satu kasus diikat dengan tali di leher mereka, Serhiy Bolvinov, kepala polisi investigasi di wilayah Kharkiv, mengatakan kepada Reuters di tempat pemakaman.

Bolvinov mengatakan sebagian besar mayat tampaknya warga sipil. Penduduk setempat telah mengidentifikasi mayat mereka dengan mencocokkan nama dengan angka pada salib kayu tipis yang menandai kuburan. Baca selengkapnya

“Tangan tentara diikat, ada tanda-tanda penyiksaan terhadap warga sipil,” kata Bolvinov. Ukraina mengatakan 17 tentara berada di kuburan massal di lokasi tersebut.

Kremlin pada hari Senin membantah bahwa Rusia harus disalahkan atas kekejaman yang menurut Ukraina telah ditemukan di wilayah yang direbut kembali.

“Itu bohong, dan tentu saja kami akan membela kebenaran dalam cerita ini,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, membandingkan tuduhan itu dengan insiden sebelumnya dalam perang di mana Rusia mengklaim tanpa bukti bahwa kekejaman dilakukan oleh Ukraina.

Pembangkit Nuklir

Ukraina menuduh pasukan Rusia pada Senin menembaki dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Pivdennoukrainsk di wilayah Mykolaiv selatan negara itu.

Sebuah ledakan terjadi 300 meter (meter) dari reaktor dan merusak bangunan pembangkit listrik tak lama setelah tengah malam pada Senin, operator tenaga atom Ukraina Energoatom mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Reaktor tidak rusak dan tidak ada staf yang terluka, katanya, menerbitkan foto-foto yang menunjukkan kawah besar yang katanya disebabkan oleh ledakan itu.

“Rusia membahayakan seluruh dunia. Kita harus menghentikannya sebelum terlambat,” kata Zelenskiy dalam sebuah posting media sosial.

Serangan itu akan menambah kekhawatiran global atas potensi bencana atom, yang telah meningkat dengan pertempuran di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir lain di selatan, Zaporizhzhia, yang direbut oleh pasukan Rusia pada bulan Maret. (reters/lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *