Dinas Sumber Daya Air DKI Bangun Tanggul NCICD Fase A Sepanjang 4,8 KM

(Foto: Laman Resmi Dinas Sumber Air DKI Jakarta)
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Pemerintah menghadirkan program strategis National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), sebagai upaya penanganan banjir ROB di pesisir Jakarta.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman resmi Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, NCICD ini menjadi proyek sinergi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air dengan total panjang trase kritis sepanjang 39km.

Dari angka itu, Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta mendapat tanggung jawab untuk mengerjakan pembangunan tanggul Fase A, di mana lokasi pekerjaan berfokus pada area pantai dan muara sungai dengan total target pembangunan sepanjang 21km di beberapa wilayah, seperti di Kamal Muara, Muara Angke, Muara Baru, Pantai Mutiara, Sunda Kelapa-Ancol Barat, dan Kali Blencong.

Pada tahun 2024 ini, DSDA DKI Jakarta akan melanjutkan pembangunan tanggul pantai dan muara sungai yang dibagi menjadi tiga paket pekerjaan dengan panjang total 4,8km, melalui skema kegiatan multiyears dan single year.

Untuk tanggul dengan skema multiyears (tahun jamak), pembangunannya akan dilaksanakan melalui 2 paket pekerjaan yang akan mulai pada tahun 2024 hingga 2025 mendatang dengan panjang total 4,3 km.

Pembangunan tanggul itu dilakukan di beberapa lokasi, di antaranya Muara Angke (Segmen Resto Apung dan Dermaga T), Sunda Kelapa-Ancol Barat, dan Kali Blencong.

Di sisi lain, pembangunan lanjutan NCICD dengan mekanisme single year tahun 2024 akan dimulai pada bulan April, dengan panjang total 0,5 km di wilayah Muara Angke (Segmen Pantai Timur) dan Pantai Mutiara.

Program National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Menyediakan solusi terpadu untuk menghadapi tantangan banjir, sanitasi, dan penyediaan air yang lebih baik,konektivitas yang lebih baik dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan ikut dimasukan ke dalam pengembangan wilayah pesisir ibukota, sebagai pra syarat pengembangan ekonomi berkelanjutan di ibukota Negara Indonesia, Proyek pembangunan tanggul NCICD menjadi tanggung jawab bersama pemerintah pusat dan pemerintah provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta akan membangun tanggul di lintasan trace Face sesuai kewenangannya.

Pada tahun anggaran 2021, akan dilaksanakan pembangunan tanggul pantai yang menjadi tanggung jawab Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta khususnya bidang pengendali ROB dan pengembangan pesisir pantai. Adapun rencana lokasi pembangunan tanggul pantai NCICD fase A tahun 2021 sepanjang 290 m.

Pemenang Lelang

Sementara data dari LPSE DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Jakarta DKI Jakarta telah melakukan pelelangan untuk Pembangunan Tanggul Pengaman Pantai NCICD Fase A (Single Year) 2024. Tender secara terbuka diikuti sejumlah perusahaan besar yang berpengalaman membangun konstruksi di laut. Beberapa diantaranya adalah perusahaan BUMN dan lelang dimenangkan perusahaan PT. Basuki Rahmanta Putra dan pelaksanaan pekerjaan akan dimulai bulan April ini.

Untuk Pembangunan Tanggul Pengaman Pantai NCICD Fase A Lokasi 1 Paket 2 (multy years) saat ini masih proses lelang dengan sisten prakualifikasi. Proses lelang baru dimulai pada 27 Maret 2024 dan penandatangan kontrak dijadwalkan 29 Mei 2024. (lm)

 

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *