Festival Cilung KBT Tampilkan 32 Perahu dari Botol Plastik

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menggelar Festival Cinta Lingkungan (Cilung) dalan rangka menyambut Hari Sungai Nasional tahun 2024, Sabtu, 27 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

Festival yang digelar di Kanal Banjir Timur (KBT) Durensawit, Jakarta Timur itu menampilkan 32 perahu hias yang dibuat dari daur ulang botol dan galon plastik .

Kegiatan yang digelar Unit Pengelola Sampah Badan Air (UPSBA) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta ini juga menampilkan berbagai stand pelatihan dan penjualan produk daur ulang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan acara ini merupakan festival pertama kali yang diikuti oleh 32 perahu yang semuanya terbuat dari sampah plastik, terutama botol dan galon kemasan.

“Perahu-perahu itu hasil karya dari PJLP dan ASN di UPS Badan Air. Mereka membuat perahu di sela-sela waktu istirahat dan setelah jam kerja usai” ujar Asep di KBT Durensawit, (27/7/2024)

Asep menambahkan, digelarnya Festival Cilung 2024 dalam rangka memperingati serta memeriahkan Hari Sungai Nasional, sekaligus mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dan sungai untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. Tujuan lainnya untuk mempromosikan pengelolaan sampah yang efektif kepada masyarakat dengan prinsip ‘Kurangi, Pilah, Olah’ (Kupilah).

“Kami ingin masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan, terutama kebersihan sungai yang menjadi sumber kehidupan,” kata Asep

Dijelaskan Asep, acara itu diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus mengurangi sampah dari sumbernya dan mendukung program pengurangan sampah yang ditargetkan sebesar 28 persen pada 2024 dan 30 persen pada 2025.

Ditambahkan Asep, pihaknya berencana menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan, sehingga bisa memotivasi dinas atau stakeholder lain menggelar kegiatan serupa.

“Kegiatan ini juga menjadi penyemangat menjaga keberlangsungan sungai. Karena itu kita ingin ini menjadi wisata sungai,” ujarnya (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *