MKMK Setujui Saksi Menyampaikan Keterangan Secara Tertulis

Suasana jalannya persidangan pelanggaran kode etik hakim konstitusi di Gedung MK II, Jakarta, Selasa (31/10/2023) (ANTARA)
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyetujui permintaan dari pemohon terkait penyampaian keterangan saksi secara tertulis dalam kasus dugaan pelanggaran kode etik sembilan hakim konstitusi.

Bacaan Lainnya

“Kalau yang terakhir ini (keterangan saksi tertulis) kami setuju,” kata Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie saat memimpin persidangan kasus dugaan pelanggaran kode etik atas Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 di Jakarta, Selasa dilansir Antara.

Hal itu disampaikan Jimly menanggapi permintaan Guru besar Universitas Surabaya Hesti Armiwulan sebagai pelapor dari Constitutional and Administrative Law Society (CALS) terkait dugaan kasus pelanggaran kode etik sembilan hakim MK.

Menurut Jimly, langkah tersebut dilakukan untuk memastikan agar jalannya persidangan lebih efektif, mengingat agenda sidang yang sangat singkat.

Ia menegaskan bahwa kesempatan saksi dalam memberikan keterangan tertulis terbuka lebar dan dapat dilakukan sebanyak mungkin.

“Mau kasih tambahan bukti, kesaksian, dan ahli tertulis mau 100 atau 200 lembar juga boleh, tapi tertulis saja tidak usah pakai sidang,” katanya.

Dalam persidangan tersebut sebelumnya, pihak pelapor dari CALS tidak diizinkan untuk menghadirkan saksi secara langsung dalam memberikan keterangan pada persidangan tersebut karena akan berlangsung secara tertutup.

Terkait hal itu, Guru besar Universitas Surabaya Hesti Armiwulan selaku pelapor dalam kasus tersebut meminta kepada MKMK agar saksi bisa memberikan keterangan secara tertulis.

“Kalau memang kami dari CALS tidak diizinkan untuk menghadirkan saksi, maka itu bisa digantikan dengan dokumen tertulis dari saksi,” katanya.

Selain meminta agar saksi bisa memberikan keterangan secara tertulis, Hesti juga berharap agar MKMK dapat membagikan salinan pemeriksaan persidangan sembilan hakim konstitusi dalam kasus dugaan pelanggaran kode etik yang digelar secara tertutup, sebagai bentuk transparansi persidangan. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *