Penumpang Bandara Hang Nadim Capai Lima Juta

Primaderma Skincare

Batam, Pelanginews

Badan Pengusahaan (BP) Batam memperkirakan jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam Kepulauan Riau selama tahun 2014 akan mencapai lima juta orang.

Read More

“Pada hari-hari biasa, jumlah penumpang yang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah mencapai 13.000 orang. Pada saat hari raya jumlahnya bahkan mencapai 16.000 orang. Jumlah tersebut terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Senin.

Dengan peningkatan tersebut diperkirakan hingga akhir 2014 jumlah penumpang akan mencapai lima juta orang sesuai dengan daya tampung bandara yang dibangun saat Presiden RI ke-3 BJ Habibie menjabat Kepala Otorita Batam (saat ini BP Batam).

Dengan prediksi penambahan penumpang 15 persen per tahun serta peningkatan penerbangan sekitar lima persen per tahun, kata Djoko, maka diperlukan suatu sistem yang andal untuk kecepatan dan ketepatan pelayanan salah satunya bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II.

“BP Batam memiliki program strategis menjadikan bandara Hang Nadim sebagai pusat pelayanan maintenance repair overhaul (MRO) dan juga sebagai hub atau pusat penumpukan kargo dan penumpang di Asia Tenggara, maka kapasitas dan pelayanan harus ditingkatkan,” kata Djoko.

Sebelumnya Djoko juga mengatakan kapasitas Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan ditingkatkan menjadi 16 juta penumpang per tahun dari sebelumnya hanya sebesar lima juta penumpang per tahun.

Ia mengatakan bahwa kapasitas terminal lama akan ditingkatkan menjadi delapan juta penumpang per tahun dari sebelumnya sebanyak lima juta penumpang per tahun. Selain itu, pihaknya akan membangun terminal yang baru dengan kapasitas mencapai delapan juta penumpang per tahun.

“Peningkatan kapasitas bandara tersebut dinilai mendesak seiring dengan peningkatan jumlah penumpang per tahun yang semakin tinggi,” kata Djoko.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh BP Batam, tercatat pada tahun 2012 jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan per harinya. Sementara pada tahun 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan reguler per hari.

“Proses pembangunan terminal lama juga baru akan dimulai pada tahun 2017 mendatang, dan setelah selesai baru akan dilanjutkan pada pembangunan terminal yang baru. Pada saat ini rancangan terminal barunya sudah ada dan rencana pembangunan akan dilakukan pada sisi kiri terminal kargo,” kata dia. (ant)

Primaderma Skincare

Related posts

Primaderma Skincare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *