TMMD Non Fisik Beri Penyuluhan AIDS Di Cilodong

Primaderma Skincare

Depok, Pelanginews

TMMD Non Fisik telah memberikan penyuluhan kepada warga masyarakat Kel Kalimulya Kec Cilodong Depok dengan materi  tentang HIV AIDS.  Penyuluhan yang mengambil tempat di aula Kelurahan tersebut disampaikan oleh pns dr Rudy Suratman  anggota  Poliklinik  Kesehatan Kodim  Depok.

Bacaan Lainnya

Menurut dr Rudy HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia, virus ini bersemayam dalam cairan tubuh manusia seperti, darah, asi, cairan sperma dan vagina.

Pada saat manusia kena virus HIV, dalam waktu 5 sampai 10 tahun pasien biasa-biasa saja tampak sehat walafiat tetapi pada masa ini pasien sebenarnya sudah sakit dan sudah bisa menularkan virus kepada orang lain.

Tentang AIDS, dr Rudy menjelaskan, AIDS adalah (Acquired Immune Deficiency Syndrome) suatu kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat hilangnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV.

Dia menambahkan, pasien pengidap AIDS sangat sensitif tertular oleh berbagai macam penyakit , karena sistem kekebalan di dalam tubuhnya telah menurun.

“Sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus AIDS, sehingga berdasarkan data hampiir semua penderita akan meninggal dalam waktu 2 tahun setelah di nyatakan pasien terjangkit AIDS.: ujarnya.

Dia menambahkan, penyakit HIV AIDS ini dapat ditularkan hanya melalui, hubungan sex (anal, oral dan vaginal) dengan orang pengidap penyakit HIV, melalui transfusi darah dan penggunaan jarum suntik secara gantian, atau melalui ibu kepada anak saat dalam kandungan maupun proses bersalin.

“HIV tidak ditularkan melalui jabat tangan, bersentuhan,ciuman, pelukan, menggunakan peralatan makan/minum yang sama, gigitan nyamuk ataupun tinggal serumah” ujarnya.

Dia mengingatkan peserta tidak perlu khawatir dan takut , karena penyakit itu  bisa ditangkal atau di cegah dengan cara tidak melakukan hubungan sex dengan orang yang mengidap virus HIV.

“Memiliki cinta kasih yang tulus kepada pasangannya dan tidak berpaling kepada wanita/pria lain, tidak berganti ganti pasangan. Jika butuh transfusi darah, mintalah kepastian bahwa darah yang diterima bebas dari virus HIV” tambahnya.

Sekretaris Kel Kalimulya Bp Miat Muryanto S.Pd menyambut baik kedatangan rombongan dari TMMD dan mengucapkan banyak terima kasih. Kepada para undangan yang mayorintas dihadiri oleh ibu ibu kader PKK, juga ada pak Rt dan Rw.

:Apa yang disampaikan oleh bapak dari TMMD ini cukup baik, intinya mengingatkan kepada kita semua dan keluarga agar kita berlaku setia kepada pasangannya agar tidak terkena virus HIV dan apa yang sudah kita dengarkan lalu kita bawa pulang untuk di sampaikan kepada keluarga kita” ujarnya dalam  release yang diterima Pelanginews.com, Jumat (22/5/)   (pendamjaya/lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *