Wagub DKI AJak Masyarakat Beralih ke Transportasi Umum

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022 di Monumen Nasional (Monas) Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/9). Ia mengajak masyarakat Jakarta mengapresiasi berbagai kemajuan pembangunan Kota Jakarta, khususnya pada sektor perhubungan atau transportasi, sebagai salah satu upaya dalam menghadapi krisis global akibat pandemi.

Bacaan Lainnya

“Di tengah masa pemulihan dari pandemi, kita harus menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit. Banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi. Namun, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini,” kata Wagub Ariza saat menyampaikan pidato dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta (17/9/2022).

Di sektor transportasi nasional, sambungnya, kebangkitan juga mulai terlihat. Data BPS menunjukkan, sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21,27% di kuartal kedua 2022 dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44%.

Ia menjelaskan, di tengah pencapaian yang baik itu, harus diakui masih banyak hal yang perlu dibenahi. Ada banyak pembangunan yang harus dituntaskan untuk meningkatkan konektivitas masyarakat.

“Masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi. Perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antarmoda,” ujarnya.

Wagub Ariza menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan transportasi di manapun berada, yang bertugas mengabdi demi menjaga konektivitas di seluruh penjuru negeri.

“Saya juga ingin mengajak kita semua untuk tetap mengenang jasa-jasa para pendahulu yang telah gugur dalam tugas memajukan transportasi Indonesia. Kita kenang mereka semua sebagai pahlawan transportasi,” jelasnya.

Mengenai Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 yang mengambil tema ‘Bangkit Maju Bersama’, Wagub Ariza mengatakan, bangkit bersama akan sulit dicapai tanpa persatuan.

“Ibarat kata pepatah, ‘Sebatang lidi akan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan’. Begitu juga seluruh stakeholders harus berkolaborasi, bahu-membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi, tentu dengan perannya masing-masing. Semuanya demi untuk menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat yang akan berdampak pada terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, sesuai cita-cita kita bersama,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wagub Ariza didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, juga sempat mencoba dan kendaraan listrik. Ia pun mengajak masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

“Mari kita beralih menggunakan transportasi umum dan juga mulai beralih dari BBM yang selama ini kita gunakan dengan kendaraan listrik. Insya Allah, dengan demikian juga bisa mengurangi biaya operasional bagi seluruh jajaran Pemprov dan seluruh masyarakat, juga meningkatkan program langit biru,” ucapnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah mengoperasikan ragam moda transportasi yang terintegrasi di bawah payung JakLingko, yakni bus reguler dan bus listrik Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, mikrotrans, dan menyediakan jalur sepeda sebagai bagian dari strategi mengendalikan pencemaran udara yang masif akibat transportasi darat di masa depan.(lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *