F1 Powerboat Danau Toba, Pemerintah Dorong Peran Serta Masyarakat

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin dalam konferensi pers pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (2/3/2024). ANTARA
Primaderma Skincare

Toba, Pelanginews

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengatakan bahwa pemerintah provinsi (pemprov) akan memaksimalkan manfaat dari penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba.

Bacaan Lainnya

Purnawirawan jenderal bintang dua itu menjelaskan pemprov telah bekerja keras dengan Pemerintah Kabupaten Toba, agar maksimal memanfaatkan ajang internasional tersebut, guna meningkatkan perekonomian daerah khususnya masyarakat.

“Kami terus mendorong keterlibatan atau peran serta masyarakat,” kata Hassanudin dalam konferensi pers, Sabtu dilansir dari Antara

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat dari internal pemprov, jumlah keterisian atau okupansi hotel mencapai 100 persen.

Untuk “homestay” yang merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat, pemprov juga mendorong agar okupansinya bisa mencapai sudah 100 persen dengan ikut mempromosikannya.

Ditambah lagi, lanjut dia, keterlibatan puluhan UMKM kuliner, fesyen, dan kriya andalan dalam ajang olahraga otomotif itu, diyakini akan menjadi momentum untuk membangun “destination branding” di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba.

Oleh karena itu, semua kebutuhan persiapan penyelenggaraan telah didukung penuh oleh pemprov, mulai dari infrastruktur maupun hal teknis lainnya seperti penyediaan shuttle bus untuk mengangkut pengunjung dari kantong-kantong parkir menuju lokasi perlombaan.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan masyarakat sangat terbuka untuk menerima wisatawan yang datang ke Danau Toba,” ujar dia.

Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo Manuhutu, mengatakan bahwa dampak pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2024 adalah untuk pemerintah daerah (pemda) bukan pemerintah pusat.

Odo membeberkan, penyelenggaraan lomba balap perahu motor internasional itu mampu menggerakkan roda perekonomian daerah, khususnya warga lokal sehingga harus didukung penuh oleh pemda.

“Penyelenggaraan itu akan menarik minat investor. Ketertarikan investor dalam beberapa tahun terakhir meningkat di kawasan Danau Toba, sehingga berdampak positif untuk pembangunan daerah,” kata Odo, Sabtu.

Odo menekankan, kebersihan dan pemeliharaan kawasan wisata penting untuk dilakukan secara terus-menerus, agar kenyamanan wisatawan bisa terjaga.

Ia menambahkan, kolaborasi antara semua lembaga harus meningkat setiap tahunnya, sehingga perbaikan bisa berlanjut atau bertahap.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, berdasarkan survei Kemenko Marves, pengeluaran wisatawan selama pelaksanaan powerboat tahun lalu berkisar Rp500 ribu. Sedangkan untuk wisatawan kelas atas bisa mengeluarkan uang minimal Rp3 juta untuk berbelanja.

“Selama pelaksanaan powerboat sampai beberapa tahun ke depan, ditargetkan pergerakan uang akan mencapai Rp1,6 triliun,” ujar dia.

Mulai Sabtu dan Minggu (3/3), Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.

F1 Powerboat tahun ini diikuti 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 negara.

Penyelenggaraan powerboat seri pembuka ini juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.

Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *