Pemprov DKI Tinjau Lokasi Pembangunan RDF di Rorotan

Andri Widiyanto - Beritajakarta.id
Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meninjau lokasi pembangunan pengolahan sampah dengan metode Refuse Derived Fuel (RDF) Plant di area Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) DKI Jakarta, Marulina Dewi mengatakan, peninjauan dilakukan untuk memastikan persiapan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PLN tentang pengolahan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) sebagai Co-Firing Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

“Meninjau persiapan penandatanganan MoU dengan PT PLN pada pekan depan. Kita sekaligus ingin memastikan luasan lokasi pembangunan RDF yang akan dibangun,” ujarnya dikutip dari beritajakarta, Jumat (28/4).

Menurutnya, pembangunan RDF ini untuk mengurangi beban sampah yang ada di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Sebab, DKI Jakarta seharusnya memiliki lebih dari satu lokasi pengelolaan sampah. Saat ini ada tiga lokasi pembangunan RDF yang telah disetujui dan tersebar di TPU Rorotan, TPS 3R di Pesanggrahan dan TPU Pegadungan.

“Tanah-tanah ini milik DKI, sehingga pembangunan RDF Plant ini akan mudah untuk diimplementasikan,” ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengutarakan, kontruksi RDF tahap kedua ini akan dibangun tahun depan di lahan milik Pemprov DKI. Rencananya, pembangunan proyek ini dapat menggunakan APBD dan dana lainnya.

“Mudah-mudahan rumusan anggaran yang telah kita rencanakan bisa selesai tahun ini. Sehingga tahun depan kita sudah bisa mulai melakukan konstruksinya,” harapnya.

Asep menjelaskan, pembangunan RDF Plant di TPU Rorotan dan Pegadungan merupakan skala besar. Nantinya pengelolaan sampah tersebut dapat menampung muatan 2.000 ton sampah per hari. 

Sementara pembangunan RDF di TPS 3R merupakan skala kecil yang dapat mengelola 30-50 ton sampah per hari.

“Pembangunan pengelolaan sampah RDF ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Saat ini pun kami sudah kerja sama dengan dua PT Semen dan PT PLN,” tandasnya. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *