Wakil Wali Kota Jakarta Timur Tinjau TPS3R Ciracas

Primaderma Skincare

Jakarta, Pelanginews

Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, melakukan peninjauan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R (3R (reduce, reuse dan recycle) di Komplek Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, RW 09 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024). Kegiatan untuk memastikan rencana peresmian TPS 3R.

Bacaan Lainnya

Selain pengolahan komposting sampah organik menjadi kompos, TPS 3R RW 09 Kelurahan Ciracas juga terdapat pengolahan komposting sampah organik. Ada juga pengolahan air limbah kerjasama dengan Sudin Sumber Daya Air (SDA), Bank Sampah yang dikelola para kader urban farming serta penanaman pohon.

“Jika dikelola secara terpadu tata kelola sampah, harus dimulai dari paling bawah dari hulunya. Kita berharap, lurah dan camat menggerakkan masyarakat untuk partisipasi memilah sampah dan dari rumah tangganya masing-masing, jika dilakukan serentak dan konsisten maka sampah yang dibuang ke TPST Bantar gebang akan berkurang,” kata Wakil Walikota,

Dalam kegiatan itu, Wakil Walikota didampingi Camat Ciracas Yus Wil Rasyid, Lurah Ciracas Sudarna, Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur Eko Gumelar, dan Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur Djauhar Arifin.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Eko Gumilar, menambahkan TPS 3R RW 09 Kelurahan Ciracas dibangun pada 2023 dengan kapasitas 25 ton per hari.

“Hasilnya akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar RDF (Refuse Derived Fuel) atau batubara muda yang bisa dimanfaatkan untuk pabrik semen. Perencanaan pembangunan TPS 3R dari anggaran dinas namun pembangunannya diserahkan ke Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur dengan anggaran 12 miliar rupiah, baru akan dioperasikan tahun ini,” ungkapnya. (lm)

Primaderma Skincare

Pos terkait

Primaderma Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *